Header Ads

25+ Daftar Sosial Media Yang Wajib Kamu Ketahui di Tahun ini

Dunia sosial media saat ini sudah tidak terbendung lagi seiring begitu banyak aplikasi-aplikasi yang menawarkan jejaring sosial dunia maya. Situs media sosial juga telah bertambah jumlahnya dengan pesat.

Sesuai data statistik dari Statista, sekitar 2 miliar pengguna menggunakan situs dan aplikasi jejaring sosial pada tahun 2015. Seiring dengan peningkatan penggunaan perangkat seluler, jumlah ini kemungkinan akan melewati angka 2,6 miliar pada 2018.


Daftar Sosial Media Terpopuler
Jejarin sosial seperti facebook, twitter, instagram atau whatsapp adalah yang sering umum kita temukan dan gunakan. Namun sebenarnya begitu banyak website jejaring sosial yang anda di internet. Untuk mengetahui seberapa banyak website jejaring sosial bisa anda rujuk ke situs wikipedia.

Nah.. dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa saja situs media sosial paling populer yang sedang di eksplorasi oleh dunia saat ini. Anda dapat mengetahui apakah platform media sosial favorit anda termasuk dalam daftar ini.

Baiklah, yuk kita simak saja.. dibawah ini daftar sosial media yang wajib kamu ketahui disepanjang tahun 2018 yang sangat populer digunakan.

#1 Facebook
Facebook adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia dan salah satu yang paling banyak digunakan. Facebook mungkin adalah yang pertama yang melampaui pengguna dari 1 miliar akun pengguna.

Selain kemampuan untuk menjalin hubungan dengan teman dan kerabat, Anda juga dapat mengakses berbagai aplikasi Facebook untuk dijual secara daring dan Anda bahkan dapat memasarkan atau mempromosikan bisnis, merek, dan produk Anda dengan menggunakan iklan Facebook berbayar.

Baru-baru ini Facebook telah kehilangan kepercayaan jutaan penggunanya dengan mengizinkan pihak ketiga untuk mengakses lebih dari 87 juta data pribadi pengguna termasuk di indonesia. Bila anda khawatir akan penggunaan data akun anda oleh facebook, alangkah baik juga anda bagaimana cara aman menggunakan facebook.

#2 Whatsapp
Meskipun telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014, platform pesan instan ini dalam jumlah pengguna aktif perbulan kira-kira 1 miliar.. fantastis.

Walau lebih lambat secara real time dari Facebook, akan tetapi whatsapp lebih mampu menangkap imajinasi jutaan orang di seluruh dunia dengan memberi mereka kemampuan untuk berkomunikasi dan berbagi langsung dengan individu dan kelompok.


#3 Tencent QQ
Sebagian besar mungkin baru mendengar ini. Tencent QQ (lebih dikenal sebagai QQ) adalah platform media sosial berbasis pesan instan (chat-based). Aplikasi yang diluncurkan dicina ini telah meluas secara internasional (lebih dari 80 negara telah menggunakannya.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk sebagai media perteman melalui pesan teks, panggilan video dan obrolan suara. Bahkan ada penerjemah built-in untuk menerjemahkan obrolan anda. Diperkirakan jumlah pengguna aktif per bulan: 853 juta.

#4 WeChat
Aplikasi ini adalah aplikasi komunikasi all-in-one untuk olah pesan dan panggilan (mirip dengan WhatsApp) yang memungkinkan Anda untuk terhubung dengan orang-orang pilihan Anda.

WeChat juga dikembangkan oleh Tencent di China dan dapat dengan mudah berpadu dengan aplikasi QQ. Sesuai laporan yang didapat, jumlah pengguna WeChat dengan cepat mengejar jumlah pengguna WhatsApp.

Ini bisa terlihat jumlah pengguna aktif per bulan diperkirakan sebesar 697 juta.

#5 Tumblr
Diakusisi oleh Yahoo sejak 2013, Tumblr menjadikan media sosial dengan platform micro blogging yang dapat digunakan untuk menemukan dan mengikuti hal-hal yang anda sukai.

Anda juga dapat menggunakannya untuk memposting apa pun, termasuk multimedia, ke blog short-form. Selain itu, aplikasi ini memberi anda fleksibilitas untuk menyesuaikan hampir semuanya.

Diperkirakan jumlah pengguna aktif per bulan: 555 juta.

#6 Instagram
Instagram diluncurkan sebagai platform jejaring sosial unik yang sepenuhnya didasarkan pada berbagi foto dan video.

Aplikasi jejaring sosial berbagi foto ini memungkinkan anda untuk menangkap momen terbaik dalam hidup anda, dengan kamera ponsel anda atau kamera lainnya mampu mengubah menjadi karya seni.

Ini dimungkinkan karena Instagram dapat menerapkan beberapa filter ke foto anda sehingga anda dapat dengan mudah mempostingnya ke situs jejaring sosial populer lainnya, seperti Facebook dan Twitter.

#7 Twitter
Situs jejaring sosial ini memungkinkan anda memposting pesan teks singkat (disebut tweet), berisi sejumlah karakter terbatas (hingga 140), untuk menyampaikan pesan Anda kepada dunia.

Dengan menggilanya belanja online, Twitter juga memungkinkan untuk mempromosikan bisnis anda dan bahkan berbelanja langsung melalui tweet.

Jumlah pengguna aktif per bulan: 320 juta (perkiraan).

#8 Google +
Dimiliki oleh raksasa teknologi Alphabet ( Google), platform jejaring sosial berbasis minat ini memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan orang-orang dengan berbagi pesan, foto, video, tautan berguna ke situs, dan sebagainya.

Diperkirakan dengan jumlah pengguna aktif 300 juta, Google plus dapat memperluas dukungan untuk konferensi video melalui Hangouts dan memungkinkan bisnis untuk mempromosikan merek dan produk mereka melalui halaman bisnis Google+.

#9 Skype
Skype adalah milik Microsoft, adalah salah satu platform jejaring sosial berbasis komunikasi yang paling populer.

Dengan aplikasi ini memungkinkan anda untuk terhubung dengan orang-orang melalui panggilan suara, panggilan video (menggunakan webcam) dan pesan teks.

Anda bahkan dapat melakukan panggilan konferensi grup. Dan, bagian yang terbaik adalah bahwa panggilan Skype-to-Skype gratis dan dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan siapa pun, yang terletak di bagian manapun di dunia, melalui internet.

#10 Viber
Diperkirakan jumlah pengguna aktif per bulan: sekitar 249 juta,  platform sosial multi-bahasa ini tersedia dalam lebih dari 30 bahasa, dikenal dengan kemampuan pesan teks instan dan pesan suara.

Dengan menggunakan aplikasi Viber ini anda juga dapat berbagi foto dan video dan pesan audio. Viber menawarkan kepada anda kemampuan untuk memanggil pengguna non-Viber melalui fitur bernama Viber Out.

#11 Line
LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer.

LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain.

LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara. Selain itu, juga memungkinkan anda untuk melakukan panggilan suara dan video kapan saja sepanjang hari. Jumlah pengguna aktif per bulan diperkirakan 215 juta.

#12 Snapchat
Aplikasi snapchat merupakan platform sosial pesan gambar yang dikembangkan Evan Spiegel dimana anda dimungkinkan untuk mengobrol dengan teman dengan menggunakan gambar.

Snapchat memungkinkan anda menjelajahi berita dan bahkan melihat kisah langsung yang terjadi di seluruh dunia. Perkiraan jumlah pengguna aktif per bulan sebanyak 200 juta.


#13 YY
YY adalah platform jejaring sosial berbasis utama video dari China yang memungkinkan obrolan video secara berkelompok. Dalam obrolan semacam ini, lebih dari 100.000 anggota dapat menonton satu orang melakukan aktivitas.

Aktivitas seperti itu dapat berupa apa saja mulai dari memberikan video tutorial hingga bernyanyi karaoke, yang membantu pengguna mendapatkan mata uang virtual yang nantinya dapat mereka konversi menjadi uang tunai.

#14 Pinterest
Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya.

Semisal kategori 'food and drink' di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman. Anda juga bisa mengikuti akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard.

Nah bila Anda belum memiliki akun Pinterest, Anda bisa mengikuti tutorial singkat seputar membuat akun Pinterest dan menggunakannya di bawah ini.

Saat ini diperkirakan jumlah pengguna aktif per bulannya sekitar 100 juta.

#15 VK.COM
VK atau VKontakte merupakan sebuah situs jejaring sosial terbesar di Rusia Layanan ini diluncurkan pada tahun 2006 dimiliki dan dioperasikan oleh Mail.Ru Group memiliki fitur yang mirip dengan Facebook.

Hingga bulan November 2014, VK memiliki lebih dari 280 juta pengguna aktif. Seperti jaringan sosial lainnya, VK memungkinkan pengguna untuk pesan satu sama lain umum atau pribadi, untuk membuat grup, halaman publik dan peristiwa, berbagi dan tag gambar, audio dan video, dan permainan game berbasis browser. Namun saat ini jumlah pengguna aktif per bulan diperkirakan hanya sekitar 100 juta saja.

#16 LinkedIn
LinkedIn adalah salah satu situs atau aplikasi jejaring sosial profesional paling populer dan tersedia dalam lebih dari 20 bahasa.

Situ ini digunakan di seluruh dunia oleh semua jenis profesional dan berfungsi sebagai platform ideal untuk terhubung dengan bisnis yang berbeda, mencari dan mempekerjakan kandidat yang ideal, dan banyak lagi. Ini membanggakan lebih dari 400 juta anggota.

Jumlah pengguna aktif per bulan diperkirakan sekitar 100 juta.

#17 Telegram
Jaringan pesan instan ini mirip dengan WhatsApp dan tersedia di seluruh platform dalam lebih dari delapan bahasa. Namun, Telegram selalu lebih fokus pada privasi dan keamanan pesan yang Anda kirim melalui internet dengan menggunakan platformnya.

Jadi, aplikasi telegram ini mampu memberdayakan anda untuk mengirim pesan yang dienkripsi secara kuat. Bila Fitur enkripsi baru tersedia untuk WhatsApp, namunTelegram sudah sejak lama menyediakannya.

#18 Reddit
Reddit didirikan oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian. Reddit diakuisisi oleh Condé Nast Publications pada Oktober 2006  adalah situs web hiburan dan juga berita di mana pengunjung yang telah terdaftar dapat berkontribusi dalam bentuk memberikan posting pranala atau text.

Pengunjung lain dapat memberikan suara "atas" atau "bawah", yang kemudian akan dihitung untuk memberikan peringkat posting tersebut, yang menentukan posisinya dalam halaman situs web. Isi situs dibagi berdasarkan tema, yang dinamakan "subreddit".

Pada September 2011, Reddit dipisahkan dari Condé Nast dan menjadi anak perusahaan induk Condé Nast, yaitu Advance Publications dan jumlah pengguna aktif per bulan diperkirakan sekitar 100 juta.

#19 Taringa
Taringa adalah salah satu platform jejaring sosial terbesar di Amerika Latin dan memungkinkan pengguna untuk berbagi pengalaman, konten, dan lainnya.

Platform ini hadir di negara dengan bahasa Spanyol dimana pasar utamanya adalah Argentina, Spanyol, Kolombia, Chili, Peru, dan komunitas Latin AS.

Menurut statistik comScore, Taringa! adalah Jaringan Sosial Amerika Latin ke-4 yang paling populer dan yang kedua dalam lalu lintas hanya setelah Facebook, karena menerima 75 juta pengunjung unik per bulannya.

#20 Renren
Renren adalah situs jejaring sosial terbesar di Cina dan secara harfiah merupakan platform untuk semua orang.

Situs ini sangat populer di kalangan pemuda karena kesamaannya dengan Facebook, dimana memungkinkan pengguna untuk dengan mudah terhubung dengan orang lain, dengan cepat berbagi pemikiran dan posting, dan bahkan memperbarui suasana hati mereka.

Melalui situsnya menyatakan bahwa website renren.com dan aplikasi selulernya telah memiliki sekitar 254 juta pengguna aktif per 30 September 2017.

#21 Tagged
Tagged adalah situs jejaring sosial yang didirikan oleh GREG TSENG, JOHANN SCHLEIER, SMITH pada bulan oktober tahun 2004 yang berbasis di San Francisco, California, Amarika Serikat. Yang di miliki oleh perusahaan Tagged.Inc.

Situs jejaring sosial ini menyediakan layanan untuk orang – orang atau pengguna media sosial untuk menelusuri orang – orang, teman untuk bermain game dan berbagi tag dan hadiah virtual serta berguna untuk menyarankan orang atau teman baru untuk menjadi anggota berdasarkan kepentingan yang sama.

#22 BadOo
Badoo didirikan oleh pengusaha Rusia Andrey Andreev dan diluncurkan di London pada bulan November 2006.

BadOo sendiri adalah sebuah jejaring sosial multi bahasa yang dapat diakses di http://badOo.com.

Badoo memiliki kantor di Soho, London, Inggris tetapi dimiliki oleh sebuah perusahaan yang ada di Cyprus dan dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Andrey Andreev, seorang berkebangsaan Rusia.

#23 MySpace
Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation.

MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan April 2008. MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation.

#24 StumbleUpon
StumbleUpon merupakan situs sosial bookmark yang memungkinkan para penggunanya untuk menemukan dan merekomendasikan konten web yang ada.

Fitur-fitur yang ada memungkinkan para pengguna untuk menemukan dan menilai halaman web, foto dan video yang dipersonalisasikan sesuai selera dan kepentingan mereka dengan menggunakan peer-sourcing dan prinsip-prinsip situs jejaring sosial.

Saat ini tersedia beberapa versi toolbar untuk Mozilla Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer. StumbleUpon juga tersedia untuk beberapa penjelajah web independen yang berbasis Mozilla Firefox. Toolbar untuk pihak ketiga juga telah diciptakan untuk Safari dan Opera.

#25 The-Dots
the-dots.com adalah platform jaringan yang membantu semua orang yang terlibat dalam proses kreatif untuk terhubung, berkolaborasi, dan mengomersialkan membantu membangun sektor kreatif yang lebih kuat, lebih menguntungkan, dan beragam.

Lahir dari hasrat yang tulus untuk membuat industri kreatif lebih terbuka dan meritokratis, pendiri Pip Jamieson meluncurkan platform di Inggris pada tahun 2014.


#26 Delicious
Delicious (dulunya bernama del.icio.us, merupakan kata dalam yang bermakna "sedap") adalah suatu layanan web untuk penyimpan, pembagian, dan penemuan marka buku.

Situs web ini didirikan oleh Joshua Schatcher pada akhir 2003 dan diakuisisi oleh Yahoo! pada tahun 2005. Dampak dari akuisisi ini, pengguna Yahoo! dapat melakukan login ke delicious menggunakan akun Yahoo! mereka.


#27 Youtube
Siapa yang tak kenal dengan Youtube. YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005.

Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Dengan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 youtube mampu menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

#28 Vine
Vine adalah situs media sosial berbagi video jangka pendek berbasis hiburan di mana para anggota dapat dengan mudah membagikan video berdurasi enam detik.

Media ini sebenarnya milik keluarga Twitter dan memungkinkan integrasi yang mudah dengan platform jejaring sosial lainnya untuk berbagi dan menonton video.

Namun terhitung awal tahun 2017 Vine akan berhenti beroperasi sebagai jejaring sosial, tetapi fungsinya menghimpun video 6,5 detik tetap berlanjut.

#29 Xanga
Xanga adalah situs jejaring sosial profesional ini menawarkan fitur yang mirip dengan fitur-fitur LinkedIn, dengan pengguna utamanya yang berbasis di Swiss, Austria, dan Jerman.

Ssitus web jejaring sosial yang menghosting profil pribadi, entri blog, dan berbagi foto adalah bagian dari gerakan Web 2.0, di mana pengguna Xanga memiliki kendali besar atas konten yang dibuat. Selain bisa memposting blog tentang hampir semua topik pilihan mereka, para anggota juga memiliki kemandirian yang baik tentang bagaimana profil pribadi mereka dapat terlihat.

Namun, ini unik dalam arti memungkinkan diskusi kelompok tertutup antara anggota perusahaan atau bisnis tertentu.


No comments

Powered by Blogger.