Header Ads

Cara Melaporkan Artikel Yang di Copas ke Google DMCA

Cara Melaporkan Blog Copas - Suatu kebanggaan memang bila artikel pada blog kita digunakan orang lain yang artinya artikel yang kita publish bermanfaat bagi mereka. Namun berbicara SEO tentu ini sangat merugikan pemilik artikel dimana akan berpengaruh terhadap peringkat pencarian google.

Pengambilan artikel yang saya maksud disini adalah artikel blog yang di copy paste ke blog lain tanpa sepengetahuan pemilik terlebih lagi tanpa memberikan link sumber di blog mereka.



Cara Mencari Artikel di Google

Iseng-iseng memasukkan keyword beberapa judul artikel pada blog ini, ternyata ada beberapa blog lain yang mencopy paste secara full tanpa memberikan sumber link aktif ke blog ini. Benar saja, kalau saya amati memang trafik kunjungan di blog ini ada perubahan penurunan yang bisa saja faktor yang memepengaruhinya salah satunya adalah kejadian tersebut.

Cara Melaporkan Blog
Tanpa berpikiran panjang akhirnya saya pun memutuskan untuk melaporkan penghapusan hak cipta ke google DMCA. Nah, bagi anda yang mengalami hal yang sama seperti yang saya alami dan bertanya-tanya bagaimana cara melaporkan artikel di copas ke google dmca, maka berikut panduannya.

Mula-mula Login ke akun google anda.
Selanjutnya silahkan masuk ke google web master di bagian penghapusan hak cipta, atau silahkan klik tautan dibawah ini:
https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard

Maka anda akan langsung diarahkan ke dasbor penghapusan, silahkan klik tab "Buat pemberitahuan baru"
Cara Melaporkan Artikel Yang di Copas ke Google DMCA

Isi data pribadi anda, pemegang hak cipta, alamat email, negara:

Cara Melaporkan Artikel Yang di Copas ke Google DMCA

Gulir kebawah maka anda akan diberikan kolom pengisian terkait konten berhak cipta, link/url yang di copas dan url blog yang melanggar (mengcopas).

Cara Melaporkan Artikel Yang di Copas ke Google DMCA

Selanjutnya silahkan centang semua Pernyataan Tersumpah. Masukan tanggal pengajuan, Nama anda. Centang "Saya bukan robot" dan akhiri dengan mengklik tombol "Kirim".



Proses penghapusan hak cipta pun berhasil, sampai disini pihak google dmca mulai bekerja untuk mencari tahu apakah benar artikel yang di copas ke url blog yang anda laporan benar-benar milik anda.

Proses ini memakan waktu 4-7 hari tergantung dari antrian, yang pasti apapun hasilnya akan diberitahukan melalui email anda.

Cara Melaporkan Artikel Yang di Copas ke Google DMCA

Setelah kurang lebih satu minggu, pada dasbor penghapusan terlihat url yang kita laporkan telah disetujui dan seterusnya akan dihapus dari pencarian google.

Cara Melaporkan Artikel Yang di Copas ke Google DMCA

Dan setelah saya mengetikkan kembali keyword dari artikel yang di copas tersebut, Url blog yang mengcopas sudah tidak ada lagi. Ini terlihat pada pemberitahuan pencarian dibagian bawah tertulis bahwa pihak google telah menghapus 1 url blog terkait pelanggaran DMCA yang telah dilaporkan.



No comments

Powered by Blogger.