Header Ads

Masalah Speaker Aktif tidak Menyala, Begini Cara Mengatasinya

Cara memperbaiki Speaker Aktif Mati Total - Speaker aktif adalah jenis pengeras suara yang memiliki amplifier terintegrasi di dalamnya. Ini berarti bahwa speaker aktif memiliki kemampuan untuk menambah gain (penguatan) sinyal audio yang masuk ke dalamnya sehingga meningkatkan volume suara yang keluar. Speaker aktif biasanya digunakan secara fisik lebih ringkas dan mudah dioperasikan karena tidak memerlukan amplifier eksternal. Speaker aktif sering digunakan dalam setting audio untuk komputer, televisi, atau sebagai speaker portabel yang dapat dihubungkan ke perangkat audio lainnya.

Terlepas dari itu semua tentu dengan menggunakan sistem ini memiliki kekurangan yaitu apabila terjadi kerusakan, tegangan vcc power supply akan mengalir langsung ke speaker yang biasanya menggeluarkan bunyi denggung yang keras apabila dibiarkan terlalu lama dan fatalnya dapat menghanguskan trafo.

Masalah Speaker Aktif tidak Menyala, Begini Cara Mengatasinya


Berikut ini beberapa jenis speaker aktif yang umum digunakan:

1. Bookshelf speakers: Jenis speaker ini biasanya kecil dan ideal untuk ruangan yang lebih kecil atau sebagai speaker tambahan. Speaker bookshelf dilengkapi dengan driver woofer dan tweeter untuk menghasilkan suara yang jernih dan detail.

2. Monitor speakers: Jenis speaker ini umumnya digunakan dalam rangkaian audio profesional. Monitor speaker biasanya dirancang untuk memberikan suara yang cukup presisi dan netral atau tidak memberikan warna pada suara aslinya.

3. Soundbar: Sebuah soundbar adalah perangkat audio yang dirancang untuk meningkatkan kualitas suara televisi Anda. Speaker ini biasanya sangat ringkas dan mudah dipasang, membuatnya menjadi pilihan populer bagi mereka yang memiliki ruang yang terbatas.

4. Portable speakers: Speaker ini biasanya sangat ringkas dan mudah dibawa-bawa. Speaker jenis ini banyak digunakan untuk dijadikan speaker luar ruangan, piknik, dan lain-lain.

5. Desktop speakers: Seperti namanya, speaker desktop biasanya digunakan pada komputer atau pada ruangan yang lebih kecil seperti kamar mandi atau kamar tidur. Karena ukurannya yang kompak, speaker jenis ini dapat ditempatkan di atas meja atau di rak buku.

6. Floorstanding speakers: Speaker jenis ini biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan digunakan sebagai speaker utama di sebuah sistem home theater. Speaker ini biasanya memiliki multi-driver dan subwoofers untuk menghasilkan suara yang lebih luas, lebih detail, dan lebih jelas.

Jenis kerusakan speaker aktif yang sering di jumpai, diantaranya.

Namanya juga peralatan elektronik kemungkinan terjadi kerusakan sudah pasti ada, untuk itu tidak heran bila produsen peralatan elektronik hanya memberikan garansi umumnya hanya selama satu tahun artinya setelah satu tahun segala kerusakan ditanggung sendiri.

Kerusakan speaker aktif mati total
Kerusakan ini ditandai dengan lampu indikator power tidak menyala, maka yang perlu di cek dan ditelusuri :
  • Steker dan kabel listrik kemungkinan dari kerusakan putus akibat tembaga kabel berkarat atau digigit hewan, ini berarti menandakan speaker aktif mati total. Untuk mengatasinya silahkan cek kabel AC cord menggunakan multimeter jika rusak ganti dengan yang baru.
  • Saklar power on off berkarat atau leleh akibat panas karena stop contact yang kurang bagus, jadi pastikan gunakan stop contact yang benar-benar sesuai.
  • Transformer (trafo) putus.

Kerusakan speaker aktif berdengung atau berdesis
Hal ini terjadi akibat beberapa hal diantaranya terjadi kerusakan pada penguat awal, driver atau penguat akhirnya (transistor) yang diakibatkan kinerja speaker yang cukup berat dan terlalu panas yang menyebabkan transistor rusak. Selain itu hal ini terjadi biasanya akibat masalah grounding pada kabel listrik atau masalah dengan komponen driver speaker tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Speaker Tidak Menyala/Bersuara Sebelah pada Speaker Aktif

Kerusakan speaker aktif berisik/kresek-kresek (kemresek)
Bila suara berisik terjadi disaat potensio diputar, maka kemungkinan potensio sudah mulai aus untuk mengatasinya bisa dengan cara diberi cairan khusus (cleaner) atau disebabkan komponen tersebut kendur maka kencang kan kembali potensio tersebut.

Suara terdengar terputus-putus atau ada kesalahan suara
Hal ini bisa terjadi karena kerusakan pada amplifier atau masalah pada sumber audio yang digunakan.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Antara Speaker Subwoofer dan Woofer

Namun bila speaker aktif berisik meski dalam kondisi diam, biasanya terdapat komponen yang kendor akibat getaran atau kaki atau pin komponen berkarat (aus) akibat lembab atau bekas gigitan tikus.

Jika mengalami masalah dengan speaker aktif, solusinya tergantung pada jenis kerusakan yang terjadi. Dalam beberapa kasus, mungkin cukup mudah untuk memperbaiki kerusakan tersebut dengan mengganti bagian yang rusak. Namun dalam kasus lain, mungkin lebih baik membawa speaker ke layanan perbaikan profesional.

Demikian, semoga bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.