Header Ads

Google Now Error, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Error OK Google Now - Untuk mencari sesuatu dengan mengetikan kata kunci di pencarian google sudah hal yang biasa kita lakukan. Namun, berbeda rasanya bila kita melakukannya dengan mengatakan apa yang kita cari melalui fitur Google Now, Google Assistant, atau juga dikenal “OK Google”. Karena dengan fitur Google Now kita dimanjakan dengan hanya menyebutkan kata yang kita ketahui maka google akan memberikan jawaban apa yang kita cari. Sehingga tidak salah memang bila fitur Google Now layaknya seorang asisten pribadi.

Walaupun demikian sepertinya fitur ini masih kurang di minati karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang mungkin adalah tak sedikit orang mengalami error atau masalah pada fitur OK Google di smartphone-nya sehingga malas untuk menggunakannya. Nah, bila anda termasuk orang yang mengalami permasalahan atau sering error, mungkin cara yang akan saya share kali ini dapat mengatasi masalah yang ada alami.

Cara Mengatasi Google Now Error di Android

Ingin tahu seperti apa cara mengatasi error Google Now?
Dibawah ini akan saya share beberapa tips, mari simak bagaimana cara mengatasi Google Now error dibawah ini :

Periksa Setelan Bahasa Penelusuran
Jika Google Now tidak menanggapi setiap ucapan Anda  artinya Google Now tidak dapat mendeteksi setiap ucapan anda, kemungkinan besar pengaturan bahasa yang Anda gunakan salah. Jadi, pastikan Anda menggunakan pengaturan bahasa yang benar. Untuk memeriksa dan mengubahnya Anda dapat masuk ke Pengaturan -> Bahasa dan masukan -> Bicara -> Pencarian suara -> bahasa.

Cara Mudah Mengatasi Google Now Error

Pastikan menu Deteksi "OK Google" Sudah Aktif
Pastikan opsi yang ada di dalam menu "OK Google" dalam keadaan aktif, berikut fitur "Keluaran Suara". Terkadang bila masalah tidak teratasi dengan mengatur ulang (mengaktifkan ulang) fitur OK Google ini maka aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Cara Mudah Mengatasi Google Now Error

Matikan Fitur S Voice bagi Pengguna Samsung
Bagi anda pengguna samsung dan sudah tertanam fitur S Voice coba matikan fitur ini. Karena dalam beberapa kasus S Voice milik Samsung tidak kompitibel dengan Google Now atau bisa disebut crash. Sehingga tidak mampu menjalankan aplikasi Google Now selama fitur S Voice juga aktif.

Cara Mematikan Fitur S Voice di Samsung

Untuk mematikan fitur S Voice di Samsung, caranya adalah :
  • Ketuk dua kali tombol home untuk membuka S Voice.
  • Tekan tombol menu di bagian kanan atas aplikasi.
  • Tekan "Pengaturan."
  • Hapus tanda centang "Open melalui tombol home." (Open via the home key)
Cara Mematikan Fitur S Voice di Samsung

Periksa Microphone (Microfon)
Terkadang google memberikan pemberitahuan bahwa microphone tidak berfungsi padahal microphone dalam kondisi yang baik dan bisa di gunakan untuk merekam suara. Kita ketahui bahwa Google Now sangat bergantung kepada kinerja mikrophone ponsel, jadi pastikan bahwa microphone anda benar–benar dalam kondisi baik (tidak tersumbat) dan berfungsi normal.

Untuk memaksimal kinerja microfon ponsel anda, lakukan update Google Apps. Ini memungkinkan ponsel anda mendapatkan pembaharuan fitur dari Google seperti bug dan kerusakan akan hilang. Selain itu dengan melakukan penghapusan Cache Android juga bisa menyelesaikan permasalahan Google Now Error. Dan jangan lupa untuk melakukan restart ponsel anda setelah melakukan tips-tips diatas.


No comments

Powered by Blogger.