Header Ads

Cara Mengatur Teks Data Post Snippet Cuplikan Artikel di Homepage Blog

Data Post Snippet adalah merupakan perintah pengkodean dari fitur auto readmore. Saat ini bisa dikatakan hampir seluruh blog menggunakan auto readmore apakah itu hasil buatan sendiri ataupun template hasil unduhan, tak terlepas juga pada blog saya ini.

Sementara itu fungsi dari penggunaan auto readmore adalah untuk memendekkan atau memotong tampilan postingan di berada pada bagian halaman utama dari suatu blog (homepage), sehingga nantinya pada halaman depan blog hanya akan menampilkan gambar thumbnail disertai beberapa teks cuplikan awal artikel saja yang jumlah karakternya bisa ditentukan sesuai keingin kita.

Agar lebih jelas seperti apa bentuk tampilan auto readmore dari blog saya bisa dilihat dengan mengklik tautan ini, atau lihat gambar dibawah ini:

Cara Mengatur Teks Data Post Snippet Cuplikan Artikel di Homepage Blog
Nah, baru saja tersadar bahwa ternyata fungsi auto readmore pada blog saya ini tadinya tidak berfungsi, sehingga tidak menampilkan cuplikan artikel di setiap postingan pada halaman depan (homepage).

Awalnya cukup bingung juga kenapa bisa terjadi, padahal tidak ada merubah/edit template. Nah, setelah cekricek akhirnya fungsi auto readmore bisa berjalan normal kembali dengan menambahkan/mengganti beberapa kode kedalam template blog.

Bila anda saat ini mengalami hal yang sama, maka mari simak bagaimana cara mengatur teks data post snippet (auto readmore) pada blog berikut ini.

Mengatur Teks Data Post Snippet Cuplikan Artikel
Buka blogger, lalu ke menu Template > Edit HTML
Cari kode di bawah ini, gunakan tombol [ Ctrl + F ] untuk mempermudah pencarian

<div>
   <data:post.snippet/>
</div>

hapus kode diatas, lalu ganti dengan kode dibawah ini.

<div>
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSnippet(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>
</div>

Berikutnya cari kode </head>, bila ketemu letakkan kode di bawah ini tepat di atasnya :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<script type='text/javascript'>
snippet_count = 180;
//<![CDATA[
function removeHtmlTag(n,e){if(-1!=n.indexOf("<")){for(var t=n.split("<"),i=0;i<t.length;i++)-1!=t[i].indexOf(">")&&(t[i]=t[i].substring(t[i].indexOf(">")+1,t[i].length));n=t.join("")}for(e=e<n.length-1?e:n.length-2;" "!=n.charAt(e-1)&&-1!=n.indexOf(" ",e);)e++;return n=n.substring(0,e-1),n+"..."}function createSnippet(n){var e=document.getElementById(n),t=snippet_count,i='<div class="snippets">'+removeHtmlTag(e.innerHTML,t)+"</div>";e.innerHTML=i}
//]]>
</script>
</b:if>
</b:if>


Mengatur Jumlah Karakter Deskripsi Snippet di Home Page Blog
Untuk mengatur jumlah karakter, silahkan ubah angka yang ditandai kuning sesuai dengan keinginan anda.

snippet_count = 180;

Terakhir Simpan template, dan lihat hasilnya!


No comments

Powered by Blogger.