Header Ads

Sideloading: Begini Cara Mengaktifkan Sideload App di Perangkat Windows

Sideload Apps Windows 10 Devices - Seperti banyak vendor sistem operasi lainnya, Microsoft menyediakan toko resmi untuk penggunanya agar dapat menginstal aplikasi dengan aman. Toko seperti Apple App Store, Google Play Store, dan Windows Store membuatnya sangat mudah bagi pengguna untuk menemukan dan menginstal konten.

Jika Anda ingin menyebarkan sebuah aplikasi untuk sejumlah kecil pengguna beta untuk pengujian, atau hanya berbagi antara teman-teman Anda, penandatanganan, kemasan dan mengirimkan aplikasi untuk ditinjau adalah berlebihan. Dalam artikel ini kita akan menunjukkan bagaimana Anda dapat mengaktifkan fitur sisimuat untuk sideload apps (Sideloading) pada perangkat Windows 10 Mobile dan Windows 10 Desktop.

Sideloading: Begini Cara Mengaktifkan Sideload App di Perangkat Windows

Defenisi Sideloading (Sideload apps) Sideloading adalah istilah yang digunakan sebagian besar di Internet, mirip dengan "upload" dan "download", tetapi mengacu pada proses mentransfer data antara dua perangkat lokal, khususnya antara komputer dan perangkat mobile seperti ponsel, smartphone, PDA, tablet, portable media player atau e-reader.

Sideloading biasanya mengacu pada transfer file media untuk perangkat mobile melalui USB, Bluetooth, WiFi atau dengan menulis ke kartu memori untuk dimasukkan ke dalam perangkat mobile.


Tetapi ketika mengacu pada aplikasi Android, "sideloading" biasanya berarti menginstal paket aplikasi dalam format APK ke perangkat Android. Paket seperti biasanya download dari situs web selain Google Play, biasanya melalui komputer. Sideloading aplikasi hanya mungkin jika pengguna telah memungkinkan "Unknown Sources" di Pengaturan keamanan perangkat. Itu berarti berlaku pula buat perangkat Windows apakah itu Windows 10 Dekstop maupun Windows 10 Phone.

Sideloading di Windows 10 Mobile
Untuk sideload pada Windows 10 Mobile adalah berupa arsip appxbundle, anda harus terlebih dahulu mentransfer file ke perangkat. Windows akan mengenali perangkat sebagai drive bila telepon terpasang, jadi ini bisa dilakukan dengan sederhana drag & drop.

Setelah arsip tersebut (appxbundle) berada pada perangkat (mobile), perangkat harus dikonfigurasi ke fitur pengembang. Pengaturan ini dapat diaktifkan dengan mengetuk tap Settings -> for Developer. Pilih salah satu aplikasi sideload atau mode Developer.

Selanjutnya, navigasi ke lokasi di mana Anda menyalin paket/file appxbundle tersebut menggunakan aplikasi file explorer. Tekan pada file tersebut, dan secara otomatis perangkat akan meminta Anda untuk menginstalnya. Setelah diinstal maka akan muncul di daftar aplikasi dan dapat diluncurkan seperti aplikasi Windows 10 lainnya.

Sideloading di Windows 10 Dekstop
Bila ingin melakukan install sideload apps (aplikasi pengembang) pada Windows 10 Desktop, maka aktifkan atau konfigurasi fitur sideloading melalui Settings -> Update & security -> For Developers. Untuk masuk ke menu setting dengan menekan tombol [ + I ] pada keyboard bersamaan.

Untuk Windows 10 Desktop, sertifikat pengembang harus ditambahkan ke toko sertifikat (certificate store). Dari "Windows Explorer", klik kanan pada "Certificate" dan pilih "Install Certificate". Maka sertifikat akan diinstall pada mesin lokal dan menempatkannya di "Trusted Root Certification Authorities".

Setelah sertifikat tersebut ditambahkan, file arsip (bundel) dapat diinstal dengan menggunakan PowerShell.

Jalankan PowerShell lalu beri perintah Add-AppxPackage

C:\Add-AppxPackage .\MyApp.appxbundle

Maka aplikasi yang telah diinstall akan muncul di start menu dengan semua aplikasi lain dan juga dapat disematkan sebagai live tile.

Sumber


No comments

Powered by Blogger.