Header Ads

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Wi-Fi, dan Apa Defensi dari Wi-Fi

Defenisi WiFi - Apa itu Wi-Fi? Wi-Fi adalah sebuah teknologi jaringan nirkabel (wireless networking) yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan jaringan dan koneksi internet berkecepatan tinggi, yang sebagian orang mengatakan bahwa WiFi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity.

Adalah Wi-Fi Alliance sebuah organisasi yang memiliki merek dagang terdaftar dari Wi-Fi sebagai produk nirkabel jaringan area lokal (WLAN) yang didasarkan pada Institute of Electrical and Electronics Engineers '(IEEE) standar 802.11. Awalnya, Wi-Fi digunakan hanya pada standar 2.4GHz 802.11b, tapi Wi-Fi Alliance telah memperluas penggunaan Wi-Fi untuk berbagai tipe jaringan atau produk WLAN berdasarkan pada salah satu standar 802.11, termasuk 802.11b, 802.11a, dual-band, dan sebagainya.

Bagaimana Teknologi Wi-Fi Bekerja?

Wi-Fi bekerja tanpa koneksi kabel fisik antara pengirim dan penerima namun menggunakan frekuensi (RF) teknologi radio, frekuensi dalam spektrum elektromagnetik yang terkait dengan propagasi gelombang radio. Ketika arus RF dipasok ke antena, medan elektromagnetik dibuat yang kemudian mampu menyebarkan melalui ruang.

Landasan dari jaringan nirkabel adalah titik akses/access point (AP). Tugas utama AP adalah untuk menyiarkan sinyal nirkabel yang terdeteksi di komputer/perangkat yang mendukung AP. Dalam rangka untuk terhubung ke jalur akses dan bergabung dengan jaringan nirkabel, komputer dan perangkat harus dilengkapi dengan adapter jaringan nirkabel.

Wi-Fi didukung oleh banyak aplikasi dan perangkat termasuk konsol video game, jaringan rumah, PDA, ponsel, sistem operasi utama dan jenis-jenis elektronik konsumen. Setiap produk yang diuji dan disetujui sebagai "Wi-Fi Certified" (merek dagang terdaftar) oleh Aliansi Wi-Fi maka dapat dioperasikan dengan satu sama lain, bahkan jika salah satu perangkat berasal dari produsen yang berbeda sekalipun. Misalnya, pengguna dengan produk "Wi-Fi Certified" (Bersertifikat Wi-Fi) dapat menggunakan jalur akses dengan merek lain dari hardware client yang juga memiliki "Wi-Fi Certified".

Produk yang lulus sertifikasi ini diwajibkan untuk membawa segel mengidentifikasi pada kemasan mereka yang menyatakan "Wi-Fi Certified" dan menunjukkan pita frekuensi radio yang digunakan (2.5GHz untuk 802.11b, 802.11g, atau 802.11n, dan 5GHz untuk 802.11a) .

Apa itu Wireless Fidelity?
Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa istilah Wi-Fi merupakan kependekan dari "wireless fidelity." sebenarnya ini adalah salah adanya, karena sebenarnya Wi-Fi hanyalah sebuah istilah bermerek dagang yang berarti IEEE 802.11x. Pemahaman yang salah bahwa nama merek "Wi-Fi" adalah singkatan dari "wireless fidelity" telah menyebar sedemikian rupa. Bahkan kita juga akan menemukan referensi untuk Wi-Fi yang merupakan singkatan untuk wireless fidelity  di sejumlah publikasi atau situs web.

Yang pasti dan benar adalah, Wi-Fi tidak dan bukan kependekan dari apa pun juga dan juga bukan kependekan dari Wireless Fidelity.

Wireless Fidelity Debunked
Kebingungan ini tampaknya berasal dari periode di awal dimana Aliansi Wi-Fi ketika menambahkan tag line 'The Standard Wireless Fidelity.' Ini bukan bagian dari nama asli dan tidak dibuat oleh Interbrand, tapi ditambahkan sebagai dalam upaya untuk membantu pengguna memahami kata baru dari Wi-Fi. Ini terlihat jelas dalam artikel: Wireless Fidelity Debunked disini.

Penulisan Wi-Fi yang Benar
Sebagai catatan, penulisan kata wifi yang benar adalah Wi-Fi yang selalu ditulis dengan tanda penghubung (-) dimana "w" dan "f" menggunakan huruf kapital. Dan Ini tidak ada singkatan untuk apa pun.

Sekian, semoga bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.