Header Ads

Hal-Hal yang perlu di Ketahui dari Game Pokemon Go

Sobat gamer, kali ini saya masih membahas tentang seputar game yang lagi populer-populernya. Apalagi kalau bukan game Pokemon Go. Pada artikel kali ini saya akan mengulas seputar permainan ini serta panduan bagaimana cara bermain Pokemon Go.

Apa itu Pokemon Go ?
Pokemon Go adalah game berteknologi Augmented Reality yaitu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata maka tentu kita sebagai pengguna selalu bergerak ke berbagai arah untuk menjalankannya.


Game penggabungan perjalanan antara dunia nyata dan dunia maya Pokemon ini memungkinkan Anda untuk menemukan dan menangkap lebih dari seratus spesies Pokémon ketika Anda menjelajahi lingkungan Anda.

Tahukah sobat, Pokemon itu singkatan dari "Pocket Monster" atau kalau di artikan yaitu "Raksasa Saku" yang berasal dari Jepang,  bila di eja dan diucapakan "po-kay-moan" yang artinya Ikan (bukan banyak ikan-jamak).

Untuk mendownload game ini silahkan rujuk pada artikel dengan judul Install dan Mainkan Pokemon Go pada PC Windows atau Download Gratis Game Pokemon Go untuk Android dan iOS di Play Store

Mengapa orang-orang sangat penasaran dengan game Pokemon Go?
Ingat tahun 90-an ? game ini sudah ada sejak jauh-jauh hari serta dengan film kartunnya. Anak-anak dijaman itu pun tidak lupa dengan video game dimasanya yang memang cukup di gemari, dengan versi Nintendo 3DS dengan petualangan yang lebih luas tentu membuat penasaran bagi mereka.

Di Negara mana saja Pokemon Go sudah Tersedia ?
Sejauh ini, game ini sudah tersedia dan bisa di download di AS, Inggris, Australia, Jerman dan Selandia Baru.

Saya sudah mendownload namun tidak bisa di jalankan ?
Banyak faktor yang menyebabkannya, namun umumnya server game mengalami masalah (down) karena tidak mampu menampung begitu banyaknya pengguna yang memainkan game ini. Akibatnya pihak Niantic, menunda peluncuran permainan untuk negara-negara tertentu sampai benar-benar server sekiranya tidak mengalami down lagi.

Dan bila anda memulai permainan dan Anda mendapatkan pesan error, Anda harus tetap memeriksanya kembali nanti. Sampai saat ini pengguna tidak bisa berbuat lebih banyak, cukup tunggu dan tunggu saja..

Dimana Pokemon bersembunyi ?
Secara harfiah Pokemon Go, si monster saku ini tersembunyi di dunia nyata kita. Diperlukan bagi anda untuk bergerak/pergi mencari mereka. Ketika mereka kedapatan di dekat kita, maka akan muncul di radar dalam game Anda dan kemudian Anda dapat untuk menangkapnya.

Bagaimana cara saya berpindah ?
Cukup berjalan, silahkan berjalan di sekitar kota, taman, mal, ditempat kerja anda sampai Anda menemukan Pokemon, kemudia anda bisa menangkapnya. Namun di ingat GPS pada perangkat harus selalu aktif.

Apa itu Bola Merah Putih ?
Bola itu fungsinya untuk menangkap Pokemon dengan cara melempar bola itu. Bola mencucup "pokeball" itu seperti "vacuum cleaner" adalah senjata dasar yang dimiliki pengguna.

Bagaimana cara melempar bola untuk menangkap Pokemon ?
Ketika Anda menekan dan tahan Pokeball Anda, lingkaran putih muncul di sekitar target Anda. Di dalam lingkaran putih ada lingkaran hijau yang mengembang untuk target.

Ketika lingkaran hijau tersebut mengecil, itulah waktu terbaik untuk melepar dan menangkap pokemon.

Silahkan simak video format gif disamping kanan ini bagaimana cara melempar pokeball.

image : GIF by Sean Hollister/CNET >>


Bagaimana cara bergabung dengan tim ?
Anda dapat bergabung dengan tim setelah mencapai level 5, nantinya anda dapat bertarung di gym dengan tim berbeda atau dalam tim yang sama dan itu akan meminta Anda untuk bergabung dengan tim. Gyms adalah tempat di mana Pokémon Trainers untuk melatih Pokemon.

Bila dilihat  dipeta Pokemon Go, gym terlihat seperti sebuah menara yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan Pokestop. Menara tersebut berwarna merah, kuning atau biru -- jika sudah dikuasai -- dan putih -- jika belum ada penguasanya.

Tim ini bisa dipilih saat Anda pertama masuk ke gym, yaitu merah (Valor), biru (Mystic) dan kuning (Instinct).

Bagaimana cara bertarung di gym?
Bila bertarung dengan tim yang berbeda tujuannya adalah untuk melemahkan gym tersebut, yang ditandai dengan level prestige. Setiap Anda memenangkan sebuah pertarungan, level prestige gym tersebut akan berkurang. Jika levelnya mencapai 0 atau habis, maka tim itu akan terusir dari gym, dan Anda -- atau siapa pun yang ada di sekitar gym -- bisa menempati gym tersebut.

Sementara bertarung di gym dengan tim yang sama bertujuan untuk memperkuat gym tersebut. Setiap Anda bertarung di gym tim yang sama, baik menang atau kalah, level prestige gym itu akan bertambah. Makin tinggi level tersebut, makin banyak pula Pokemon yang bisa mengisi gym-nya.

Jika gym diisi oleh beberapa Pokemon, maka Anda harus melawan semua Pokemon itu, dan pertarungannya akan berurutan dari yang paling lemah. Jika bertarung di gym dengan tim yang berbeda, Anda bisa memilih sampai dengan 6 Pokemon yang akan dipakai bertarung. Sementara pertarungan dengan tim yang sama hanya bisa memakai 1 Pokemon.

Cara termudah untuk memilihnya adalah dengan mengurutkan Pokemon Anda dengan Combat Power (CP) yang paling tinggi hingga yang terendah. Namun elemen juga punya pengaruh yang sangat besar terhadap efektivitas serangan. Di bawah ini adalah tabel daftar tipe elemen di Pokemon.

Apa untungnya menguasai gym?
Anda akan mendapatkan hadiah setiap harinya jika menempatkan Pokemon di dalam gym. Hadiahnya bermacam, antara lain Pokecoin dan Stardust. Namun jika ada trainer lain yang menggusur Anda dari gym tersebut, tentu hadiah itu tak bisa lagi Anda dapatkan.

Oh ya, Pokemon yang Anda pakai untuk menjaga gym tak bisa dipakai bertarung di gym lain ya. Pokemon ini juga tak bisa ditransfer, ataupun dinaikkan CP-nya melalui power up ataupun di-evolve, sebelum Pokemon ini tergusur dari gym tersebut.


No comments

Powered by Blogger.