Header Ads

Tips Aman Menggunakan Facebook bagi Pemula

Tips Aman Menggunakan Facebook bagi Pemula - Hallo sobat Facebook.. berapa lama sudah anda menggunakan layanan facebook? dan seberapa besar manfaat facebook bagi anda?

Ya, cuman anda saja yang tahu..

Yang pasti, semenjak layanan ini ada kita sebagai pengguna sangat dibantu dan dimudahkan untuk saling berbagi informasi.

Dan tentunya masih banyak lagi manfaat-manfaat yang kita dapatkan...

Tapi ingat sobat facebook!

Di sisi lain, karena kebesaran dan ketenaran layanan media sosial yang satu ini ternyata banyak juga orang-orang yang memanfaatkannya untuk dijadikan alat oleh orang jahat untuk mencari tahu informasi pada akun facebook anda untuk mencuri lalu melancarkan aksinya.

Tips Aman Menggunakan Facebook bagi Pemula

Jika anda benar-benar baru di dunia facebook, saya hanya ingin mengatakan bahwa semua kegiatan aktifitas anda di facebook langsung atau pun tidak sudah diketahui banyak orang, jadi perlu di ingat silahkan eksplorasi media sosial tersebut secara bebas tapi tetap ikuti beberapa aturan-aturan yang ada.

Ingat! Tidak semua pengguna facebook itu orang baik, namun tidak sedikit pengguna facebook berguna bagi anda....

Nah.. agar anda tidak dihantui hal-hal yang tidak di inginkan, mungkin tips dibawah ini bisa anda terapkan pada akun facebook anda.

1. Gunakan password yang kuat.
Jika password Anda terlalu pendek dan sederhana, maka saat ini ubahlah password anda yang lebih sulit tapi anda mudah mengingatnya.

Jangan sekali-kali memberi tahu password Anda kepada orang lain. Dan pastikan selalu logout dari Facebook setelah selesai menggunakannya, terutama saat menggunakan komputer umum di perpustakaan, sekolah, atau tempat publik lainnya.

Catatan : jika anda diminta menyimpan password anda pada browser di saat berhasil masuk ke akun facebook anda, pilihlah opsi "tidak pernah".. sekalipun itu pada laptop/pc pribadi anda.

2. Atur Setelan Privasi.
Yang sangat sering sekali digunakan oleh orang-orang yang berniat jahat adalah melalui/dengan melihat profil berikut konten atau isi update-update status anda.

Saya sarankan anda mengatur setelan privasi anda agar hanya teman-teman anda saja yang bisa melihat.

3. Pertemanan.
Untuk saling berbagi informasi, sebaiknya jangan sembarangan approve teman. Approve lah teman yang kamu kenal saja, seperti teman kerja, sekolah, kuliah, atau teman alumni.

4. Informasi Data Diri.
Menggunakan nama dengan nama asli itu adalah suatu yang opsional saja, tapi jika itu tetap yang anda inginkan dengan menggunakan nama asli anda, silahkan....

Lagi-lagi... jangan memajang alamat, lokasi sampai ke nomor ponsel terlalu lengkap... kaya mau ngurus nikah aja... hehe.

Karena, boleh jadi ada seseorang yang memiliki dendam pribadi ke anda melakukan penyebaran spam informasi anda yang tujuannya mungkin mem-bully anda.

Yakinlah, anda akan dibuat repot dan malu sendiri...


Selanjutnya... jangan kira karena hanya teman-teman anda saja yang anda approve maka hanya mereka saja yang bisa melihat informasi profil anda..

Anda salah besar..

Koq bisa...?

Terpikirkah dalam benak anda, jika teman anda lupa logout pada akun facebook nya sementara menggunakan komputer publik/umum sebagai contoh komputer warnet, komputer kantor atau komputer sekolah.

Selain akun teman anda bisa di ambil alih, informasi akun anda pun bisa di ketahui...
Karena hal kecil seperti ini, tindakan kejahatan pun bisa terjadi seperti perampokan, dsb.

Satu lagi, jika sekiranya ada pesan, postingan yang mengancam anda silahkan laporkan ke pihak facebook melalui opsi "abuse report" dan bila diperlukan berhenti pertemanan pun layak anda lakukan

5. Update status..
Ini pesan terakhir pada artikel kali ini...

"berpikirlah sebelum anda posting.."

Perlukah anda memposting pribadi anda?
Atau perlukah kita melakukan bully terhadap orang lain? dan banyak lagi...

Ingat!
Biasanya perbuatan seseorang akan memicu dan mempengaruhi orang lain baik atau pun buruk, maka itu jadilah orang bijak dalam menggunakan facebook.

Demikian artikel ini saia publish dengan harapan kita semua dapat berfacebook ria tanpa dihantui rasa-rasa ketakutan akan adanya memata-matai aktifitas kita.

Terakhir, jika artikel ini bermanfaat dan anda ingin mengingatkan kepada teman-teman yang anda sayangi, tidak berlebihan jika anda menyebarkan artikel ini.

Salam Facebook!


No comments

Powered by Blogger.