Header Ads

Hal Yang Perlu di Ketahui Sebelum Melakukan Transfer Domain

Transfer Nama Domain - Untuk bisa melakukan transfer Domain atau cara tranfer nama domain dari tempat lama ke tempat hosting baru, sebetulnya tidaklah terlalu susah sepanjang persyaratannya terpenuhi. Persyaratan utamanya adalah, anda memerlukan EPP Key atau yang juga biasa disebut dengan Security Key/Security Code pada penyedia Domain asal Anda yang sekarang.


Sedangkan biaya transfer domain, rata-rata sama saja dengan dimana kita daftar baru nama domain namun tergantung pada penyedia domain masing-masing. Proses transfer domain ini akan mendapatkan perpanjangan nama domain selama 1 tahun dari tanggal expire domain yang terakhir kali.

Kembali masalah EPP Key,..

..EPP Key diperlukan sebagai identifikasi paling aman (secara Internasional), yang menjadi pedoman antar sistem penyedia domain di dunia sebagai bukti bahwa memang andalah pemilik sah dari Domain yang akan di transfer.

Maka pada saat melakukan order transfer domain anda akan diminta untuk memasukan EPP Key. Dalam tahap ini biasanya anda tinggal melakukan pembayaran atas proses transfer nama domain ini.

Masalah terjadi biasanya setelah proses ini dilalui, kita akan mengalami kendala dalam tahap berikutnya dimana kita tidak / belum mengetahui bahwa selain syarat diatas, masih ada syarat-syarat lain yang mutlak harus terpenuhi.

Syarat Cara Transfer Nama Domain

Syarat - syarat lainnya tersebut adalah :

  1. Whois privacy protect harus dibuka
  2. Domain lock harus dibuka
  3. Umur domain tidak boleh kurang dari 60 hari
  4. Tanggal expire domain tdk boleh kurang dari 10 hari dari pengajuan proses transfer
  5. Email pada registrant kontak whois domain haruslah email yg bisa diakses sendiri

Pengalaman penulis dalam proses transfer domain, tidak mengindahkan 5 persyaratan diatas sehingga mengalami ketertundaan, dari minta dibukakan Whois privacy protect nya yang dikarenakan tidak adanya menu yang dimaksud pada client account, sampai dengan harus perpanjangan nama domain di tempat lama dulu ini dikarenakan tanggal expire domain kurang dari 10 hari.

Transfer Nama Domain
Berbicara tanggal expire domain yang harus tidak boleh 10 hari, ini dikarenakan terlebih dari kekhawatiran atas kegagalan disaat proses transfer domain yang memakan waktu kurun waktu 5-10 hari, sehingga ditakukan menjadi expire saat ditengah-tengah proses tersebut.

Dari berbagai penyelia hosting lainnya malah ada mensyaratkan lebih dari 10 hari seperti tidak boleh kurang dari 14 hari, ini semua kembali agar proses transfer domain tersebut tidak akan mengalami kegagalan.

Untuk itu bagaiamana melakukan/ cara transfer nama domain ini, penulis menyarankan lakukanlah proses ini jika tanggal expire domain anda menyisakan setidaknya 1 bulan.

Terakhir, jika syarat-syarat diatas telah terpenuhi semua, maka kita akan menerima email konfirmasi transfer domain yang harus di approve sesuai isi yang ada di email. Kemudian barulah proses transfer domain akan berjalan dalam 5-10 hari hingga lengkap ter transfer. Selanjutnya kita hanya menunggu sampai semuanya resolved.




No comments

Powered by Blogger.