Header Ads

Cara Capture Halaman Web Yang Panjang

Berawal pertanyaan dari teman sepekerjaan di kantor yang menanyakan bagaimana sih membuat image dari web tetapi halamannya panjang sekali, sementara halaman tersebut harus bisa dijadikan menjadi satu.

Setelah mendengar penjelasan lebih lanjut, ternyata lebih pas-nya adalah bagaiman cara capture halaman web yang panjang. Ok, sebenarnya artikel ini pernah saya posting pada blog saya yang sudah hilang dari peredaran dunia maya. Setelah saya bongkar-bongkar pada web yang ada di localhost laptop saya, akhirnya saya masih mendapatkan artikel tersebut. Ya, judulnya persis seperti judul pada artikel kali ini.

Baiklah kita lanjut, ternyata memang tampilan suatu halaman web/blog dari beberapa website seringkali menjadi acuan atau pelengkap untuk laporan pekerjaan/tugas dari kantor, sekolah ataupun untuk artikel blog kita. Oleh karena itu untuk mendapatkan tampilan halaman web tersebut, berbagai macam cara kita lakukan untuk mendapatkan tampilan gambar web tersebut.

Capture Halaman Web Yang Panjang

Untuk melakukan capture halaman web yang paling mudah adalah menekan tombol [ logo windows + PRTSC Screen ] dan dibantu sebuah program pengolah gambar bawaaan windows. Namun halaman web yang didapat hanyalah halaman yang tampilan berada pada saat di capture, dalam artian sebesar tampilan desktop laptop saja.

Sesuai judul artikel kali ini, tentulah cara diatas bukan merupakan solusi namun di lain pihak ini sebenarnya bisa dijadikan solusi, karena dengan cara diatas bisa juga memecahkan cara capture halaman web yang panjang, walaupun dalam pengerjaannya sedikit agak panjang dan memerlukan keahlian serta tool khusus seperti aplikasi photoshop. Untuk cara melakukan nya akan saya bahas pada artikel berikutnya. Tentu masalah akan muncul karena masih banyak pengguna internet pemula yang kerepotan untuk meng-capture halaman web yang cukup panjang ini.

Tips Capture Halaman Web Yang Panjang

Nah, jika anda tidak ingin mengalaminya, saya sarankan gunakan aplikasi khusus seperti HyperSnap-DX karena dengan tool ini anda mampu melakukan Capture Halaman Web Yang Panjang dengan secara mudah dan cepat. Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi berbayar, namun anda bisa menggunakan versi gratisnya.

Ringkasnya ikutnya langkah-langkah dibawah ini :
  1. Download aplikasinya disini, pastikan sesuai dengan sistem operasi komputer anda windows, kemudian jalankan dari dalam menu "Start | All Programs | HyperSnap-DX".
  2. Buka salah satu alamat website yang cukup panjang melalui browser pada windows anda.
  3. Jalankan aplikasi  HyperSnap dan klik "Capture".
    klik pada gambar untuk tampilan besar
    1. Klik tombol Scroll page (1) lalu klik tombol gulung vertikal (2)sekali. Maka dengan sendirinya halaman web akan menggulung sampai kebatas paling bawah halaman web. Setelahnya secara otomotasi aplikasi langsung meng capture halaman yang dimaksud. 
    2. Hasilnya ditampilkan pada window aplikasi, tinggal anda save dengan berbagai format yang telah disediakan. 
      Untuk melihat hasilnya bisa merujuk tautan ini

      Info!
      Hasil capture dengan menggunakan aplikasi versi gratis akan menampilkan "Stamp Hypersnap" disudut kiri atas, di tengah dan disudut kanan bawah. Jika ini mengganggu, anda harus menggunakan versi yang berbayar.

      Download : 
      Aplikasi Capture Halaman Web yang panjang disini

      Demikian artikel ini dipublish dengan judul :  Cara Capture Halaman Web Yang Panjang


      No comments

      Powered by Blogger.