Header Ads

Fred: Inilah Update Algoritma Google Terbaru Tahun 2017

Dua minggu sudah Algoritma Google terbaru di luncurkan. Bagi pemilik blog, algortima google tentu besar kaitannya tentang peringkat google dalam hasil pencarian suatu blog/sebsite. Karena setiap google melakukan update algoritmanya bisa saja trafik suatu blog atau website menurun secara tiba-tiba atau bahkan mungkin justru mengalami kenaikan trafik yang sangat signifikan.

Kita ketahui terakhir kali Google melakukan update algoritma pada januari 2016, dan kini google kembali meluncurkan algoritma baru tepatnya tanggal delapan maret 2017 yang dinamai dengan Google Fred atau Algoritma Fred.

Fred: Inilah Udpdate Algoritma Google Terbaru Tahun 2017

Apa itu Algoritma Google?
Algoritma memang diterapkan untuk memilih dan mengidentifikasi pencarian teratas menurut sejumlah faktor spesifik. Algoritma terprogram, berjalan dan dimodifikasi oleh programmer. Segala sesuatunya setelah berhasil lolos tahap uji coba akan dipakai untuk mencari spider atau bot. Semua link yang berhasil ditemukan kemudian bakal ditelusuri oleh bot dan diikuti arah tujuannya. Ini termasuk pekerjaan utama bot untuk mengindeks apa yang ditemui kemudian menyimpan semua informasi dalam database virtual.

Dampak Algortima Google Fred
Setelah saya cari tahu akan pembaharuan google fred ini, ternyata benar bukan cuma satu atau dua pemilik web site yang mengalami penurunan trafik secara drastis bahkan ada ribuan akibat dari algoritma fred. Lalu fokus terhadap apakah dari google fred ini? Sepertinya selain menargetkan dari segi kualitas konten namun juga melihat dari keseluruhan situs tersebut.


Lebih detail, algoritma ini menurut informasi yang saya baca adalah terlebih fokus pada blogger (pemilik situs) yang suka memanipulasi mesin pencari google atau yang dikenal dengan blackhat. Teknik ini biasanya mengandalkan related link dengan cara melakukan spam komen di blog orang, membuat blog AGC, membuat blog dummy dan lain sebagainya.

Link terkait (related link) dari suatu postingan blog untuk saat ini harus sangat perhatikan. Karena dampak yang terjadi pada blog yang menurun trafik kunjungan di karenakan related post (artikel yang bersangkutan) tidak sesuai atau tidak relevan pada topik post utama.

Kita ketahui bahwa setiap blog mempunyai label/kategori yang mana pada disetiap postingan biasanya/akan di munculkan postingan terkait dengan artikel yang barusan dibaca. Namun, bila artikel yang kita temukan dan baca tidak sesuai dengan post terkait tersebut, maka ini bisa menjadikan terjadinya penurunan trafick. Jadi untuk saat ini dalam memakai related link sobat harus benar benar berhati hati.

Untuk itu mari kita bahas apa itu related link?

Sebagai informasi related link terbagi menjadi dua yaitu internal link dan eksternal link.

Internal link: Dalam strategi SEO untuk meningkatkan sebuah rangking halaman postingan maka penggunaan internal link sangat penting dilakukan. Sebuah halaman akan terdongkrak naik di serp ketika jumlah kunjungan halaman tersebut memiliki banyak views. Bila link tersebut memiliki nilai referensi yang baik dan benar maka artikel tersebut akan mengalami kunjungan yang drastis naik bila tidak maka akan sebaliknya.

Eksternal Link: External link juga sangat penting dalam membangung sebuah blog, namun google juga tahu karena dengan cara ini banyak sekali para komunitas blackhat melakukan kecurangan. Cara yang umum dilakukan adalah dengan dengan mengharapkan untuk mendapatkan backlink organik maka beberapa pemilik web site kemudian mengembangkan teknik web site Dummy agar web site utama mereka bisa mendapatkan peringkat principle baik karena memiliki banyak backlink. Dan bila saat ini anda melakukan cara-cara ini, maka yakinlah bahwa Google Fred akan menyapu rata semua website yang melakukan teknik web site dummy tersebut .

Mungkin ini saja pembahasan singkat tentang algoritma google fred. Lalu apakah blog anda terkena dampak buruk dari algoritma fred? atau sebaliknya? Cuma anda yang tahu...

Semoga bermanfaat


No comments

Powered by Blogger.