Header Ads

Panduan Pemula: Cara Mengetahui Sistem Operasi Windows pada Komputer

Cara Mengetahui Sistem Operasi Windows - Apakah anda tahu, operasi sistem (Windows) apa yang terinstall pada komputer anda?. Artikel ini sengaja saya publish untuk anda yang masih pemula dan berkeinginan untuk mengetahui sistem operasi apa sih yang sedang anda gunakan saat ini walaupun saya pernah mempublish artikel yang sama (Baca: Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Komputer/Laptop Dengan Lengkap). Dan untuk artikel kali ini adalah di peruntukan pengguna operasi sistem Windows saja.

Keuntungan dari mengetahui hal tersebut tentu akan menambah pengetahuan anda akan dunia teknologi. Namun terlepas dari itu ada manfaat yang akan anda dapatkan setelah mengetahui sistem operasi yang terinstall di komputer/laptop. Diantara adalah bila komputer tersebut melakukan instalasi driver apakah itu berhubungan driver printer & scanner, bluetooth, wireless, audio dan banyak lagi, maka sudah barang tentu driver yang diinstall haruslah sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Dan secara spesifik lagi driver yang digunakan harus sesuai bit sistem operasi yang digunakan pula. Apakah menggunakan Windows versi 32-bit atau versi 64-bit. Akibatnya bila anda menggunakan driver dan menginstallnya bukan peruntukan versi Windows maka biasanya anda akan menerima pesan kesalahan yang menyatakan driver tidak bisa di install dikarenakan bukan untuk versi yang diinginkan.

Bagaimana cara memeriksa komputer apakah Windows 32-bit atau 64-bit ?

Pada artikel ini pula saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana caranya mengetahui bit sistem operasi Windows yang berjalan pada komputer Anda. Panduan ini adalah untuk semua sistem operasi Windows 10, 8.1, 8, 7 dan XP.

Pertama-tama yang ingin saya infokan adalah bahwa 32-bit juga dikenal sebagai (x86) dan 64bit hanya dikenal sebagai (x64).
  • (x86) = 32-bit
  • (x64) = 64-bit

Baiklah, berikut panduan untuk melihat sistem operasi windows berserta bit-nya yang terinstall pada komputer anda.

Untuk Windows XP, Windows Vista dan Windows 7:

Langkah 1: Klik logo di sudut kiri bawah, lalu klik kanan pada "Computer" dan pilih "Properties".
Langkah 2: Setelah anda mengklik Properties maka akan muncul jendela semua informasi sistem komputer anda. Lihat "System" dan "Windows Edition" yang tertera disitu anda akan melihat sistem operasi windows berserta bit-nya.



Untuk Windows 8/8.1 dan Windows 10:

Langkah 1: Klik logo di sudut kiri bawah, lalu klik menu "System".
Langkah 2: Setelah mengklik menu System, maka akan muncul jendela semua informasi sistem komputer anda. Lihat "System" dan "Windows Edition" yang tertera disitu anda akan melihat sistem operasi windows berserta bit-nya.


Cara lain:
Untuk bisa masuk ke System, anda juga bisa melakukan dengan cara menekan tombol [ + I ] pada keyboard bersamaan.


Selesai.


No comments

Powered by Blogger.