Header Ads

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mobile Hotspot di Windows 10 Tanpa Software

Mobile Hotspot Windows 10 - Cukup banyak fitur-fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows 10, namun yang cukup menarik dari sekian fitur yang ada adalah dimana adanya satu fasilitas internet yang tidak ada pada sistem operasi Windows terdahulunya seperti Windows 8, 7, atau yang lebih lama lagi. Fitur yang saya maksud adalah adanya fungsi Mobile Hotspot yang ada pada Windows 10.

Ya,.. apabila anda pengguna Windows 10, anda bisa mengaktifkan Mobile Hotspot tanpa software. Perlu diingat, jikalau anda belum menemukan fitur Mobile Hotspot maka silahkan upgrade dulu Windows 10 ke versi yang lebih baru.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mobile Hotspot di Windows 10 Tanpa Software

Apa itu Mobile Hotspot?
Sebelum lebih lanjut, kita cari tahu dulu apa itu Mobile Hotspot? Mobile Hotspot adalah suatu perangkat portabel atau seperti fitur pada router, smartphone yang menyediakan akses internet nirkabel pada banyak perangkat (laptop Anda, smartphone, MP3 player, tablet, perangkat game portabel, dll).

Nah agar fungsi ini bisa berjalan, maka pada PC/laptop ber Windows 10 harus terkoneksi dengan jaringan Internet apakah melalui Ethernet (kabel), Wi-Fi, atau koneksi seluler, dan kita dapat mengaktifkan Mobile Hotspot untuk berbagi koneksi tersebut dengan perangkat lain.

Lalu Bagaimana cara Mengaktifkan Fungsi Mobile Hotspot di Windows 10 tanpa Software.
Untuk mengaktifkan berbagi koneksi Wi-Fi (mobile hotspot) pada Windows 10, silahkan arahkan ke Settings > Network & Internet.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mobile Hotspot di Windows 10 Tanpa Software

 Pada sudut kiri menu pilih opsi > Mobile hotspot.

Sekarang, aktifkan pilihan “Share my Internet connection with others” (Bagi koneksi internet saya dengan perangkat lain)

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mobile Hotspot di Windows 10 Tanpa Software

Secara default, nama jaringan mobile hotspot (SSID) dan password akan terisi secara otomatis pada Windows 10. Namun bila Anda ingin mengubahnya, pilih tombol Edit dan ketik nama jaringan dan password sesuai dengan keinginan Anda

Bila user/client ada yang terhubung pada fitur ini, maka akan ditampilkan pada "Device Connected" dengan keterangan Device name, IP address dan MAC Address.

Karena tidak terlalu banyak pengaturan, seperti memutuskan koneksi perangkat, membatasi lamanya koneksi, atau mengatur bandwidth internet maka fitur Mobile Hotspot pada Windows 10 ini tidak cocok bila digunakan untuk keperluan bisnis namun cocok dalam skala kecil seperti di kantor/rumah, kafe, atau kampus/sekolah. Ini terlebih lagi user yang dapat terhubung hanya sebatas 8 user saja.

Bagaimana cara Menonaktifkan Fungsi Mobile Hotspot di Windows 10.
Bila tidak digunakan silahkan menonaktifkan fitur ini, caranya sama dengan ketika kita mengaktifkannya, cukup slide dari On ke Off. Dengan begitu Mobile Hotspot akan mati dan sharing koneksi internet pun akan berhenti.

Cukup sederhana bukan..?


No comments

Powered by Blogger.