Header Ads

Mengenal Lebih Jauh Tentang Feature Phone

Ponsel Menengah (Feature Phone) atau juga dikenal sebagai dumbphones adalah jenis ponsel yang telah memiliki beberapa fitur lebih tinggi dari sebuah ponsel standar namun masih dibawah dari smartphone. Ponsel Menengah juga dapat di-istilah-kan ponsel yang digunakan untuk menggambarkan perangkat mobile low-end yang tidak memiliki kekuatan komputasi dari smartphone.

Selain dapat menelpon dan menerima panggilan, mengirim pesan teks dan ponsel menengah sudah terdapat beberapa fitur canggih yang biasa ditemukan pada smartphone. Ponsel Menengah dirancang untuk konsumen yang menginginkan ponsel yang multifungsi namun dengan harga yang cukup murah dibanding dengan smartphone.

gambar: engadget.com


Lebih jauh dapat dijelaskan bahwa Ponsel Menengah biasanya sudah memiliki kemampuan seperti media player portabel, kamera digital, organizer pribadi dan akses Internet dengan kecepatan jaringan 2G/3G selain itu hampir semua ponsel menengah memiliki GPS, browser HTML serta memiliki kemampuan jejaring sosial populer sekarang seperti Twitter dan Facebook yang terintegrasi didalamnya.

Pada kisaran tahun 2011, ponsel menengah berhasil terjual di seluruh dunia sebesar 70 persen. Meskipun tidak ada perbedaan yang telah ditetapkan antara dumbphone dan smartphone, ponsel menengah biasanya tidak mendukung aplikasi tambahan seperti fitu multimedia canggih dan pilihan konektivitas internet.

Sebelum ponsel pintar (smartphone) seperti Android, Symbian, BlackBerry atau Windows Mobile lahir, sistem operasi platform Java ME dan BREW sebagai sistem operasinya perusahaan yang menghasilkan ponsel menengah, seperti Nokia dan Motorola meraih rekor penjualan ponsel dari merek lainnya.


Contoh beberapa keluaran Ponsel Menengah adalah:
  • Sony Ericsson Elm
  • Sharp SH-04B
  • Samsung Monte
  • LG Mini
  • Puma phone

Kini, walaupun Feature Phone sudah mulai ditinggal dan beralih ke smartphone (ponsel pintar) namun tentu saja masih ada yang bertahan menggunakan ponsel menengah. Tidak tahu persis apa alasannya, yang pasti sebagai pengguna kini diberikan banyak pilihan jenis-jenis ponsel .

Sebagai bukti masih adanya yang menggunakan ponsel menengah, bisa terlihat pada gambar dibawah ini :


Ternyata, pada webmaster tools di menu Perayapan, terlihat jelas pengguna ponsel menengah tidak menemukan artikel yang dicarinya dari blog ini. Artinya sampai saat ini ponsel menengah di beberapa pengguna masih merupakan ponsel favoritnya.

Demikian, artikel dengan judul Mengenal Lebih Jauh Tentang Ponsel Menengah.


No comments

Powered by Blogger.