Header Ads

6 Cara Agar Blog Anda Terindex di Google Dengan Cepat

Sahabat Hanyalah, Terkadang, bagi kalangan blogger khususnya blogger pemula yang baru saja memahami SEO akan merasa kesulitan akan dengan susah/lambatnya blog barunya terindex di mesin pencari google. Itu saya alami dulu diawal-awal menggeluti dunia online dan hampir putus asa karena bagaimana Google dan mesin pencari lainnya lambat bahkan menolak untuk mengindeks blog meskipun rutin menerbitkan konten baru.

Setuju atau tidak, peneribatan konten baru tidak cukup untuk membuat alasan bahwa blog atau artikel blog akan dirayapi dan diindex cepat oleh pencarian google. Kita harus memerlukan energi tambahan bagaimana caranya agar blog kita di senangi oleh google, maka inilah permasalah umum bagi blogger pemula,

6 Cara Agar Blog Anda Terindex di Google Dengan Cepat


Bagi penggiat/master seo (expert) sangatlah mudah bagaimana cara mengatasi ini sehingga blog-blog mereka bisa bersaing  di pencarian google minimal nongkrong dihalaman pertama.

Dengan tidak ada maksud mengajari, pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman bagaimana Anda dapat membuat artikel/blog baru dan diindek oleh Google dalam waktu yang tidak begitu lama, berikut tipsnya:

Tips 1: Share ke Google Plus
Google memiliki Google plus dan percaya atau tidak, Google plus sangat mempengaruhi perilaku halaman di hasil mesin pencari (SERPs).

Cara ini adalah cara yang mudah dan gratis untuk menarik perhatian Google untuk melirik blog baru Anda. Mendatangkan bot Google ke situs anda melalui Google Plus cukup mudah, yang diperlukan hanyalah membagikan tautan ke satu atau dua pos blog baru anda di Google plus.

Bagi blogger yang menggunakan blogspot lebih diuntungkan lagi, karena dengan beberapa setinggan saja ketika setiap kali publish artikel maka secara otomatis tautan artikel tersebut langsung tershare di google plus.

Tips 2: Submit URL ke Google
Beberapa blogger tidak mengetahui atau jarang menggunakan webmaster Google padahal dengan menggunakannya sangat bagus untuk mendongkrak peringkat blog.

Jika Anda tidak tahu, Google selalu memberi kita alat yang dapat kita gunakan untuk mengirimkan URL kita ke indeks google,  agar spider Google secepatnya mengunjungi blog Anda.

Anda dapat mengakses alat ini dengan mengunjungi - www.Google.com/addurl, ketika Anda sampai ke halaman ini, yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan URL blog Anda dan mengirimkannya untuk diindeks, dan tunggu google akan merayapi blog anda.

Tips 3: Sitemap Submission
Mengirimkan sitemap blog anda ke Google sangat penting meskipun situs anda sudah terindek dengan menggunakan metode lain.

Metode lain yang akan dijelaskan dibawah hanya akan mendapatkan beberapa indek halaman blog anda, tetapi mengirimkan peta situs anda ke Google melalui alat webmaster akan membuat sebagian besar halaman blog Anda diindeks dengan cepat.

Sebelum anda dapat mengirimkan sitemap blog anda ke Google, anda perlu memverifikasi kepemilikan blog anda melalui alat webmaster Google. Bagaimana caranya, saya telah ulas secara lengkap pada artikel dengan judul: Cara Mudah Blog Baru Cepat Terindex pada Google.

Tips 4: Submit blog ke Qirina.com
Qirina.com adalah situs analisis web (search tool) yang cukup komprehensif dan anda dapat mempelajari satu atau dua hal tentang SEO di alat mereka dan diyakini memiliki hubungan baik dengan Google dalam hal perayapan.

Ketika masuk situs ke qirina, silahkan masukan blog anda kekotak pencarian di situs, dan bila blog benar-benar baru maka hasilnya tidak ada yang akan muncul karena memang qirina belum merayapi blog anda .

Dan bila itu terjadi maka tambahkan blog anda kedalam indek mereka, dengan cara gulir ke bawah ke area footer dari situs web dan anda akan menemukan tautan yang bertuliskan "Analyze Site" dan masukkan URL blog baru anda di kotak tambahan situs dan klik "add"; lalu tunggu analisis situs anda sampai selesai.

Tapi sayang untuk menggunakan situs ini, blog anda haruslah kontennya berbahasa inggris.

Tips 5: Submit blog ke Woorank.com
Woorank.com adalah perangkat lunak berbasis web yang menghasilkan ulasan instan dari situs web yang diklaim di sukai oleh google.

Woorank mirip dengan qirina, tetapi Woorank memberikan analisis yang lebih rinci tentang situs web yang mencakup setiap aspek utama pengembangan web dan SEO.

Agar blog baru anda diindeks melalui Woorank caranya cukup mudah yaitu rujuk ke halaman beranda woorank dan masukkan URL blog baru; maka anda akan dihadapkan ke halaman baru di mana anda akan ditampilkan analisis situs web Anda.

Setelah analisis situs web Anda selesai, amati dan lakukan perubahan terhadap blog anda dimana ada pesan error sesuai hasil analisis mereka.

Tips 6: IMTalk Website Submitter
Alat pengurai situs web IMtalk memungkinkan Anda mengirimkan tautan blog Anda ke lebih dari 2500 direktori situs web dan basis data WHOIS. Pengirim situs web ini cukup efektif dan ramah Google.

Kesimpulan:
Agar blog baru dapat diindex oleh Google dengan cepat maka perlu strategi lanjutan diantaranya seperti uraian dalam artikel ini, dan sampai saat ini saya masih menggunakan metode ini merasa masih bekerja dengan baik pada blog-blog yang saya kelola.

Apa pendapat Anda tentang trik pengindexan diatas? Atau apakah anda memiliki metode indeksasi blog lain yang Anda tahu? Yuk, silakan berbagi melalui kotak komentar.


No comments

Powered by Blogger.