Header Ads

Laptop Langsung Hidup Ketika Layar Dibuka? Ini Masalahnya

Pernahkah anda mengalami disaat layar (LID) di buka secara otomatis laptop langsung hidup. Bila anda pernah atau saat ini masih mengalami sebenar itu bukanlah ada kesalahan (error) terhadap laptop atau sistem operasi anda. Karena bila anda menggunakan Laptop merk Toshiba dengan berbagai tipe via operasi sistem Windows 8/8.1 Pro tentu anda akan mengalaminya.

Untuk kesekian kalinya selepas sukses menginstall OS Windows 8.1 Pro pada laptop ToshibaC800/C840 maka laptop langsung hidup ketika layar dibuka. Dan terakhir kali saya mengalaminya terkait pada artikel saya dengan judul: Tidak Bisa Masuk ke Pengaturan Bios? Ini Masalah dan Cara Mengatasinya.

Laptop Langsung Hidup Ketika Layar Dibuka

Kenapa Laptop Langsung Hidup Ketika Layar Dibuka?
Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa itu terjadi? Ada yang menyatakan ini adalah bug dari Windows 8/8.1 pro namun yang pasti bila kita amati proses tersebut sebenarnya cukup membantu dalam hal kecepatan boot awal Windows, namun tidak sedikit juga yang tidak suka dengan hal tersebut. Ini dikarenakan karena terlalu sensitifnya, walau hanya sedikit saja layar terbuka maka laptop akan menyala otomatis dan langsung masuk ke desktop windows.

Kembali lagi, kenapa ini bisa terjadi?

Fast Startup (juga dikenal sebagai: hybrid boot atau hybrid Shutdown) adalah fitur baru di Windows 8 berguna membantu PC anda untuk mulai boot lebih cepat setelah dimatikan. Ketika mode ini diaktifkan, dikala Windows 8 dimatikan maka seketika itu dilakukan dengan menggunakan metode hybrid shutdown (hibernate parsial) yang mana hanya menyimpan sesi kernal dan driver perangkat (sistem informasi) untuk hibernate file (hiberfil.sys) di disk, sehingga tidak benar-benar shutdown.

Ketika laptop dihidupkan lagi, maka Windows 8/8.1 Pro akan menggunakan informasi sistem yang tersimpan untuk melanjutkan sistem Anda daripada harus melakukan cold boot (boot dingin) untuk restart laptop sepenuhnya dari awal.


Lihat perbandingan booting antara fast startup dengan col boot dibawah ini :

Laptop Langsung Hidup Ketika Layar Dibuka? Ini Masalahnya

Jadi laptop langsung hidup ketika layar dibuka bukanlah suatu bug windows 8 atau error sistem. terlebihlah lagi ada yang mengatakan bagian dari produk gagal. hadeehh..

Cara Mematikan mode Fast Startup pada Windows 8/8.1 
Nah, dibawah ini saya berikan solusinya berupa panduan singkat bagaimana caranya untuk mematikan fitur/mode fast startup untuk Windows 8/8.1

Pertama-tama, arahkan kursor pada tray icon baterai di sudut kanan bawah lalu klik disitu, dan pilih opsi "More power option".

Laptop Langsung Hidup Ketika Layar Dibuka

Selanjutnya pilih dan klik opsi "Choose what clossing the lid does"

Laptop Langsung Hidup Ketika Layar Dibuka

Klik tab "Change settings that are currently unavailable" untuk menampilkan opsi-opsi lanjutan. Silahkan gulir kebawah..

Laptop Langsung Hidup Ketika Layar Dibuka

Lalu unlist (hilangkan centang) pada pilihan "Turn on fast statup (recommended)" dan akhiri menekan tombol "Save change".

Laptop Langsung Hidup Ketika Layar Dibuka

Sampai disini silahkan shutdown laptop anda, setelah mati coba buka layar laptop tersebut dan semestinya laptop tidak akan langsung hidup lagi.

Sekian, ada yang ingin didiskusikan?


No comments

Powered by Blogger.