Header Ads

Cara Menghapus Folder Windows.Old di Windows 10

Cara Delete Windows.old - Disaat kita meng-upgrade PC/laptop dari Windows versi lama ke versi Windows 10 tanpa terlebih dahulu memformat hard drive, begitu pula ketika menginstal Windows Insider Preview tes build maka instalasi Wizard akan menyimpan salinanversi sebelumnya didalam folder "Windows.old" pada komputer/laptop.

Maksud dari copy ini adalah mekanisme perlindungan jika sesuatu berjalan salah selama proses instalasi. Maka jika sesuatu yang buruk terjadi, sistem operasi dapat menggunakan salinan cadangan untuk memutar kembali perubahan secara otomatis. Atau dalam kasus Windows 10, Anda juga mendapatkan pilihan untuk kembali ke versi sebelumnya dari sistem operasi dalam bulan pertama jika kita tidak menyukai sistem operasi Windows 10.

Cara Menghapus Folder Windows.Old di Windows 10

Namun bila semuanya bekerja seperti yang diharapkan setelah meng-upgrade ke Windows 10, tentu file-file ini tidaklah diperlukan. Sementara itu ukuran ruang kapasitas penyimpanan yang dibebaskan bisa mencapai 15GB tentulah ini hanya akan membuang-buang berharga ruang hard drive bila tidak dilakukan.
Pada panduan Windows 10 ini, saya akan memandu Anda beberapa langkah untuk menghapus folder Windows.old dan file lainnya yang dapat membebaskan ruang penyimpanan cukup signifikan.

Cara Menghapus Folder Windows.Old di Windows 10
Sebenarnya Folder "Windows.old" berada di hard drive di mana sistem operasi saat ini diinstal (biasanya C: drive). Namun, Anda tidak bisa hanya menekan tombol hapus "delete" untuk membuatnya terhapus, untuk itu anda perlu menggunakan tool Disk Cleanup.
  • Gunakan tombol [ + E ] pada keyboard untuk membuka File Explorer.
  • Dari sebelah kiri, klik "This PC".
  • Di bawah "Devices dan drive", klik kanan drive C dimana Windows 10 terinstall, dan klik Properties.
  • Dalam jendela Properties, pilih menu "Disk Cleanup".
Cara Menghapus Folder Windows.Old di Windows 10

  • Tunggu sejenak.. proses scanning dan calculating..
  • Pada jendela Disk Cleanup, silahkan klik menu "Clean up system files"

Cara Menghapus Folder Windows.Old di Windows 10

  • Pada daftar file yang ingin dihapus, dalam hal ini folder "Windows.old" maka list "Previous Windows installations (s).
  • Anda juga bisa me-list file lain sekiranya ukuran filenya cukup besar dan tidak dibutuhkan juga.

Cara Menghapus Folder Windows.Old di Windows 10

  • Bila sekiranya sudah, silahkan akhiri dengan menekan menu "OK" lanjutkan "Delete Files".
  • Proses disk cleanup pun berlangsung.
  • Klik "Yes" pada pesan peringatan Disk Cleanup untuk menyelesaikan proses

CATATAN:
Sekali lagi, penyimpan file instalasi sebelumnya adalah metode yang berguna untuk rollback jika terjadi masalah. Namun demikian bila instalasi selesai dengan sukses, folder Windows.old dan file instalasi terkait lainnya hanya akan membuang-buang ruang penyimpanan yang berharga di komputer Anda. Bahkan terebih pada perangkat mobile yang hanya memiliki penyimpanan terbatas.


No comments

Powered by Blogger.