Header Ads

Cara Membuat Halaman Blog Static di Blogger

Membuat Halaman Static di Blogger - Bila kita mengunjungi sebagian situs web biasanya kita menemukan dua jenis halaman: yaitu Halaman statis dan non-statis. Maksud dari Halaman statis adalah halaman utama hanya menampilkan satu halaman saja dimana telah di setting sebelumnya, sehingga halaman yang ditampilkan tidak memperlihatkan update/pembaharuan halaman website tersebut singkat kata jenis ini adalah web yang content atau isinya tidak berubah – ubah.

Sementara itu, Halaman non-statis atau bisa juga disebut web dinamis adalah Web yang content atau isinya dapat berubah – ubah setiap saat sebagai contoh web dinamis adalah blog seperti blogspot, wordpress dan banyak lagi.

Cara Membuat Halaman Static di Blogger

Cara Membuat Halaman Static di Blogger
Bila anda pengguna blogger dan berkeinginan mengubah halaman blog anda dari halaman dinamis ke halaman statis sehingga terlihat lebih terorganisir dan profesional maka semua itu memungkinkan.

Namun sebelum anda mencobanya, anda bisa mengunjungi blog demonya disini terlebih dahulu.

Bila sudah dan anda cukup tertarik akan jenis halaman yang saya maksud, mari kita mulai dengan langkah-langkah dibawah ini :

1. Membuat Halaman Statis (Static Home Page).
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat halaman baru untuk blog anda. Ini nantinya berfungsi sebagai halaman statis (static home page) yang di redirect dari halaman utama blog anda.

Untuk membuatnya, Anda harus masuk ke menu utama dashboard dan klik pada opsi "Laman" di sisi kiri layar. Secara otomatis akan membawa ke submenu "Semua". Silahkan klik pada tombol "Laman baru" dan Anda akan masuk ke tampilan editor yang sama persis pada tampilan editor membuat dan menerbitkan Postingan baru.


Selanjutnya pada kotak atas, masukkan judul halaman yang anda inginkan, sebagai contoh halaman "Selamat Datang". Dalam kotak teks yang lebih besar dibawahnya, ketik isi konten yang ingin Anda tampilkan pada halaman depan blog anda, ini bisa berupa beberapa paragraf yang berisikan tentang diri Anda, bisnis Anda ataupun semua tentang blog anda. Akhiri dengan mengklik tombol "Publikasikan".


Setelahnya akan kembali ke jendela submenu utama "Semua", dan Anda akan melihat halaman "Selamat Datang" yang baru saja Anda buat. Salin URL dari halaman "Selamat Datang" karena Anda akan membutuhkannya nanti. Untuk melakukan ini, klik kanan pada link 'Lihat' dan pilih 'Copy Link Location' dari menu. Link juga terlihat pada bar sudut kiri bawah.


2. Redirect Halaman Utama ke Static Home Page.
Setelah halaman "Selamat Datang" terbuat, hal berikutnya yang harus di lakukan adalah untuk melakukan perubahan halaman default Blogger. Caranya adalah dengan mengarahkan halaman utama asli blog ke homepage statis yang telah  dibuat sehingga halaman "Selamat Datang" akan menjadi yang pertama dilihat ketika pengunjung membuka blog anda.

Untuk melakukan ini, rujuk dan klik pada menu"Setelan" di sisi kiri layar, dan pilih "Preferensi penelusuran". Di bawah bagian "Kesalahan dan pengalihan", Anda akan melihat opsi "Pengalihan Khusus" lalu klik link "Edit" di sampingnya. Klik pada link "Edit" untuk membuka jendela lain, di mana Anda akan melihat dua kotak bernama "Dari" (dengan URL blog Anda di sampingnya) dan "Kepada".

Pada kotak "Dari", cukup masukkan simbol garis miring "/". Lalu dalam kotak "Kepada"  pastekan URL yang Anda copy tadi namun hanya menambahkan bagian akhir URL pada halaman "Selamat Datang". Misalnya, URL halaman blog demo kami adalah hanyalah-blogger.blogspot.com/p/selamat-datang.html, maka cukup hapus alamat "http://hanyalah-blogger.blogspot.com" lalu tambahkan "/p/selamat-datang.html" dalam kotak "Kepada:"

Cara Membuat Halaman Static di Blogger

Jangan lupa mencentang opsi "Permanen" Lalu "Simpan" dan akhiri " Simpan Perubahan".

3. Membuat Menu Tab pada Blog Statis.
Langkah yang satu ini sifatnya opsional saja, namun bila anda menginginkan untuk memiliki tab yang berisikan tentang halaman utama atau halaman lainnya seperti (contact, hubungi kami) maka langkah ini tentu sangat diperlukan.

Untuk melakukannya klik tab "Tata Letak" pada sudut kiri layar. Lalu klik tab "Tambah Gadget" sesuai posisi keinginan anda, lalu pilih dan klik widget "Laman".


Pada jendela berikutnya, centak halaman yang di inginkan. Selanjutnya anda bisa menambahkan link eksternal dengan mengklik opsi "Tambhakan tautan eksternal" dimana yang kita perlukan adalah link yang akan mengarah kehalaman postingan blog utama.


Silahkan isi judul laman, contoh "Blog" dan alamat URL nya adalah dengan mengisi "/index.html" akhiri "Simpan Tautan".


...dan "Simpan perubahan".

Dan sekarang blog, sudah berisi menu halaman"Selamat Datang" dan halaman "Blog". Silahkan kunjungi kembali blog demo nya.


No comments

Powered by Blogger.