Header Ads

Apa itu Jaringan Ad Hoc Wireless?

Jaringan ad hoc adalah jenis koneksi antara komputer-ke-komputer yang sifatnya sementara. Dalam mode ad hoc ini Anda dapat mengatur koneksi nirkabel langsung ke komputer lain tanpa harus terhubung ke titik akses Wi-Fi atau router.

Jaringan ad hoc berguna ketika anda perlu berbagi file atau data lainnya secara langsung dengan komputer lain tetapi tidak memiliki akses ke jaringan Wi-Fi. Selain itu anda pun dapat menggunakan berbagi koneksi internet dengan mode ad hoc dari komputer Anda ke pengguna lain.

Apa itu Jaringan Ad Hoc Wireless?

Fitur dan Penggunaan Jaringan Nirkabel Ad Hoc
Fitur lain dari jaringan ad hoc adalah bahwa sebenarnya jaringan ad hoc ini dapat digunakan lebih dari satu laptop asalkan semua kartu adapter dikonfigurasi untuk mode ad hoc dan terhubung ke SSID yang sama (service state identifier), namun demikian setidaknya komputer harus berada dalam jarak 100 meter satu sama lain.

Perlu diketahui bahwa bila anda adalah orang yang menyiapkan/penyedia jaringan ad hoc, ketika anda memutuskan sambungan dari jaringan maka semua pengguna lain juga akan terputus. Jaringan ad hoc juga akan terhapus setelah semua orang terputus.

Keterbatasan Jaringan Nirkabel Ad Hoc
Untuk berbagi file dan printer, semua pengguna harus berada di workgroup yang sama atau jika salah satu komputer bergabung dengan domain, pengguna lain harus memiliki account di komputer untuk mengakses item bersama.

Keterbatasan lain dari jaringan nirkabel ad hoc antara lain: keamanan WEP (yaitu, tidak aman sama sekali), mendukung hingga 802.11g, dan tingkat data 11 Mbps.

Set Up Jaringan Nirkabel Ad Hoc
Tidak seperti dengan teknologi Wi-Fi Direct yang banyak digunakan antara device to device, namun jaringan Nirkabel Ad Hoc ini bisa digunakan untuk berbagi koneksi internet dari satu komputer ke banyak pengguna device.

Bagaimana cara setting jaringan nirkabel Ad Hoc pada komputer ? tunggu pada artikel berikutnya..


No comments

Powered by Blogger.