Header Ads

Apa itu VCR dan PVR? Apa perbedaannya ?

Apa itu VCR dan PVR ? Selain berhubungan dengan dunia kesehatan, kata dari "PVR" juga erat sekali di dunia elektronik khususnya di dunia receiver parabola. Nah, kali ini saya akan berbagi dan membahas artikel yang bertopikan Apa itu VCR dan PVR ? apa perbedaanya.

Defenisi VCR?
VCR (Video Cassette Recorder) adalah layanann elektronik yang bisa dipakai untuk merekam suara/ audio dan gambar/ video dalam suatu kaset pita magnetik yang bisa dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah seperti halnya pita kaset suara biasa (Audio Cassette Recorder atau Cassette Recorder).

Defenisi PVR?
Sementara itu PVR yang kependekan dari Personal Video Recorder atau ada juga yang menyebutkan dengan istilah DVR (Digital video recorder) merupakan layanan digital recorder yang memungkinkan penontonnya merekam program favoritnya melalui menu PVR dalam format digital ke disk drive, USB flash drive, kartu memori SD, SSD atau perangkat penyimpanan massal lokal atau jaringan lainnya.

Perbedaan VCR dengan PVR?
Bila dari masing-masing defenisinya maka perbedaan yang dapat saya jabarkan adalah :
  • PVR menggunakan Flashdisk, Hardisk, kartu memori SD, SSD atau perangkat penyimpanan massal lokal atau jaringan lainnya sebagai media penyimpanan sementara  untuk VCR menggunakan pita kaset (tape).
  • Format file yang dihasilkan pada PVR adalah format file .TS atau .PS sementara VCR menghasilkan 3 pilihan format yaitu pita format VHS, pita format Betamax, dan pita format V2000.
  • PVR menyimpan program dalam bentuk digital sementar VCR masih dalam bentuk analog.
Teknologi PVR memiliki tiga kategori yang berbeda: set-top box, kartu TV tuner (TV-tuner card), atau perangkat lunak yang kesemuanya mempunyai fungsi yang sama namun tentunya memerlukan instalasi serta biaya yang berbeda.

Sejalan waktu, penggunaan fitur VCR sudah "mulai" ditinggalkan karena memang perangkat yang tidak lagi memberikan dukungan akan hal itu. Kini pihak produsen berlomba-lomba menjadikan PVR salah satu fitur andalan dalam merekam video atau audio.

Perangkat yang mendukung VCR dan PVR

Demikian artikel ini dipublish, semoga bermanfaat.


No comments

Powered by Blogger.