Header Ads

Aplikasi Terbaik Berbagi File Menggunakan Aplikasi ShareIt

Download Gratis Aplikasi SHAREIt - Sobat blogger diawal bulan september ini saya memulai postingan yang berkaitan tentang aplikasi untuk sharing file, foto, video maupun lagu. Adalah ShareIt yang merupakan aplikasi transfer/berbagi file dengan menggunakan jaringan WiFi atau Hotspot selular sebagai media transfer tanpa menggunakan data mobile.

Cara ini sebenar nya sama seperti metode WiFi Direct (WiFi Langsung), seperti pada artikel saya dengan judul : Begini Cara Mudah Setting WiFi Direct Untuk Pemula. Dimana satu perangkat menemukan perangkat yang lain seperti layaknyanya menemukan jaringan nirkabel, Anda memasukkan menekan tombol dan perangkat pun akan terhubung. Khusus pada artikel ini tentunya disetiap perangkat harus sudah terinstall aplikasi SHAREIt.


Cara Menggunakan Aplikasi ShareIt.
Sebelumnya silahkan unduh dulu aplikasi ShareIt sesuai perangkat yang dipergunakan. Adapun sistem operasi yang di dukung untuk melakukan install aplikasi ini adalah Sistem Windows, Windows Phone, Android dan iOS. Link unduh silahkan klik tautan ini.

Tanpa berpanjang lebar kita langsung saja bagaimana cara menggunakan aplikasi ShareIt sebagai media berbagi file. Pada percobaan yang saya lakukan ini adalah menggunakan perangkat ponsel pintar Samsung Core Duos dengan Laptop Toshiba C840.

...baiklah, kita langsung saja.
Silahkan, install aplikasi shareit di masing-masing perangat yang akan digunakan. Berikutnya hubungkan kedua perangkat pada jaringan WiFi yang sama, bisa menggunakan router atau bisa juga menggunakan jaringan hotspot selular (di salah satu perangkat yang digunakan). Dan sekali lagi jaringan WiFi ini tidak di butuhkan koneksi internet jadi cukup jaringan WiFi nya saja.

Berikutnya buka aplikasi shareit pada laptop sampai tampilan seperti dibawah ini. Karena koneksi antar perangkat ponsel dengan laptop membutuhkan password maka silahkan lihat/ubah password yang ada melalui tulisan nama pengguna pada sudut kiri bawah. Sebagai contoh pada laptop saya nama device nya saya beri nama "HANYALAH-PC" (1). Berikutnya lihat atau ubah nama password yang ada (2) yang nantinya akan kita input pada perangkat android, lalu akhiri "Save" (3).


Sampai disini kita beralih ke perangkat android, silahkan jalankan aplikasi. Silahkan ikuti saja perintah yang diberikan, pada perangkat android saya memberi nama device "www.hanyalah.com" (2) lalu "Save" (3). Selanjutnya klik tombol titik putih tiga (4) untuk memulai menghubungkan kedua perangkat.


Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini pada no.1. Silahkan klik pada opsi "Sambungan ke PC" seketika akan tampil perangkat yang masuk dalam jaringan WiFi terlihat pada no.2 silahkan klik ikon tersebut.

Selanjutnya kan muncul windows popup permintaan untuk memasukan kata sandi. Silahkan masukan password seperti yang tertera pada aplikasi shareit di laptop, bila sudah lanjutkan "OKE".


Selanjutnya bila password yang dimasukan sudah benar, maka pada Laptop (kiri) akan tampil windows popup persetujuan koneksi. Silahkan centang pada "Always accept files from this device" lalu klik tombol "Accept". Sementara pada device Android menunggu proses penyambungan ke laptop.


Dibawah ini adalah dimana kedua perangkat sudah saling terkoneksi, ini bisa terlihat pada nama device di masing-masing perangkat terlihat.

Langsung saja kita lanjutkan dengan melakukan proses transfer file. Disini saya melakukan transfer foto dari android ke laptop dengan mengklik tombol "Foto".


Di tampilan berikutnya silahkan pilih gambar/foto yang akan di bagi atau ditransfer ke laptop dengan mengklik sekali di setiap foto yang akan di share dan akhiri dengan mengklik tombol "Berikutnya".

Maka proses transfer secara otomatis berjalan, terlihat seperti pada gambar sebelah kanan progress transfer.


Secara bersamaan pula pada laptop progress transfer pun terlihat. Bila sudah selesai untuk melihat foto yang baru saja diterima silahkan klik pada sudut kanan pada nama file maka akan tampil jendela popup baru. Pilih opsi "Open" untuk melihat foto secara langsung, opsi "Open Containing Folder". untuk melihat folder penyimpanan foto yang diterima, sedangkan opsi "Delete" untuk menghapus foto yang baru diterima.


Cukup mudah bukan, selamat mencoba.


No comments

Powered by Blogger.