Header Ads

Daftar Aplikasi Data Recovery Tools Gratis Terbaik 2016

Aplikasi Data Recovery Tools - Kehilangan data dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Hal ini bisa disengaja atau bisa disebabkan oleh file korup atau atau rusaknya perangkat penyimpanan.

Untuk mengatasi agar data-data penting aman adalah melakukan backup data secara teratur, tetapi dalam kasus tertentu disaat menghadapi masalah karena kehilangan data, maka tentu kita memerlukan cara untuk mengatasi agar data tersebut dapat di selamatkan.

Dibawah ini adalah kumpulan beberapa tool atau aplikasi untuk pemulihan data (recovery data) yang kesemuanya free/gratis dan bebas untuk digunakan :

Aplikasi Data Recovery Tools Gratis Terbaik.

1. TestDisk
TestDisk adalah tool atau alat pemulihan data yang bagus yang bersifat open source. Aplikasi ini sangat baik dalam memulihkan partisi yang terhapus. Selain itu pula dengan TestDisk dapat membantu untuk memulihkan file yang terhapus baik dari NTFS, FAT atau sistem ext2-4. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna operasi sistem Windows, Linux dan Mac.

Aplikasi Data Recovery Tools


Untuk menjalankan aplikasi ini, walaupun sangat efektif dalam hal melakukan recovey data, namun bagi pengguna diperlukan keahlian dan pengetahuan komputer yang wajar untuk dapat menggunakan aplikasi TestDisk ini.

Agar lebih ampuh, gunakan pula tool PhotoRec. PhotoRec adalah tool recovery data yang dibundel dengan TestDisk. Alat ini bisa memulihkan dan menemukan file dari hard disk serta gambar yang hilang dari memori kamera digital dan telah mendukung file sistem FAT, NTFS, Ext2 atau Ext3 dan HFS +.

2. Stellar Phoenix Windows Data Recovery
Stellar Phoenix Windows Data Recovery adalah software yang dapat digunakan untuk memulihkan/recovery file dan folder yang hilang dari perangkat penyimpanan. Salah satunya dapat memulihkan data seperti foto, video, mail dari Windows.

Aplikasi Data Recovery Tools

Terlepas dari itu, data dapat diambil dari partisi yang hilang atau terformat. Selain itu juga dapat memulihkan data dari perangkat penyimpanan seperti hard drive internal atau eksternal, CD serta kartu memori.

Aplikasi ini cukup user friendly, karena untuk melakukan pemulihan cukup hubungkan perangkat penyimpanan ke komputer dan jalankan perangkat lunak. Maka perangkat akan di scan untuk mencari file yang hilang dan setelah ditemukan file tersebut dapat disimpan dengan mudah.

3. Recuva
Recuva diambil dan disebut dengan ucapan "Recover" adalah perangkat gratis lain yang dapat membantu memulihkan file yang telah terhapus baik sengaja ataupun tidak. Aplikasi ini mampu dan dapat memulihkan file dari kamera digital, kartu memori, USB stick atau Mp3 player. Bahkan dapat digunakan untuk memulihkan file yang dihapus ketika recycle bin telah dikosongkan.

Aplikasi Data Recovery Tools

Aplikasi ini hanya bekerja pada FAT dan NTFS file. Recuva menggunakan sistem lampu hijau, kuning dan merah sebagai indikator untuk menunjukkan kemungkinan kemampuan melakukan recovey/pemulihan.

4. Inspektur PC
Program pemulihan data yang tersedia secara gratis lainnya adalah Inspektur PC. Program ini mendukung file sistem FAT dan NTFS. File-file tersebut ditampilkan dalam tampilan folder sederhana.

Aplikasi Data Recovery Tools

Alat ini dapat menemukan partisi bahkan jika boot sector atau FAT rusak sekalipun. Metadata asli disimpan saat pemulihan dilakukan. Namun, PC inspector tidak dapat membantu dalam kasus kegagalan hardware.

5. 7-Data Recovery Software
7-Data Recovery Software adalah perangkat gratis lainnya yang dapat digunakan untuk memulihkan file yang telah dihapus dari ponsel android atau tablet.

Aplikasi Data Recovery Tools

Gambar dapat dipulihkan dalam berbagai format seperti JPG, GIF, JPEG dan PSD. Video dan file audio MP3, MP4, WAV, WMA dapat diambil. Terlepas dari file multimedia, file dalam format word, email, aplikasi pun dapat dipulihkan.

Demikian, dan sekali lagi aplikasi-aplikasi diatas semuanya tetap memiliki kekurangan-kekurangan namun tetap memiliki kelebihan masing-masing. Sehingga dapat membantu anda untuk memilih aplikasi data recovery yang sesuai kebutuhan Anda.


No comments

Powered by Blogger.