Header Ads

Tips Keamanan Penting bagi Pengguna Android

Keamanan Penting bagi Pengguna Android - Berita tentang keamanan android telah banyak kita dengar dalam waktu akhir-akhir ini. Gadget Android telah menjelma salah satu perangkat yang wajib dimiliki, namun tidak semua orang tahu bagaimana agar keamanan android tersebut tetap terjaga.

Nah jika anda menggunakan perangkat android, mungkin anda khawatir terhadap berbagai macam ancaman yang akan dan telah muncul. Tak usah khawatir karena pada artikel kali ini saya akan membantu anda agar smartphone anda bebas dari ancaman-ancaman dari luar.


Tips Keamanan Penting bagi Pengguna Android

Dibawah ini adalah beberapa langkah yang cukup sederhana dan bisa anda lakukan walaupun anda seorang pemula sekalipun. Cara dibawah ini dapat anda lakukan agar perangkat anda terlindungi dari ancaman tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Google Play Store, 
Pihak google sangat menyarankan bahkan mewajibkan jika anda ingin mengunduh aplikasi maka lakukanlah melalui aplikasi Google Play, walaupun anda bisa juga melakukan download alternative aman lainnya seperti dari Samsung, Amazon Underground maupun toko produsen lainnya. Namun demikian jika anda terpaksa mendownload dari website pihak ketiga maka pastikan dulu aplikasi yang anda unduh dengan memeriksa ulasan/review sebelum mendownloadnya.

Berbicara tentang perangkat, 
Tentu sangat dipertimbangkan untuk mengunduh aplikasi keamanan (security). Ada banyak aplikasi antivirus yang bisa anda coba, salah satunya adalah Avast!. Dengan versi gratisnya saja kita sudah diberikan fitur keamanan yang kuat dan apabila kita mengupgrade ke versi premiumnya maka aplikasi ini menawarkan fitur lebih seperti alat privasi serta penyesuaian blacklist. Satu lagi, Avast! Juga memberikan fitur kepada ponsel yang telah di-root. Selain Avast!, mungkin anda juga bisa antivirus lainnya seperti Bidefender, Kaspersky maupun AVG Antivirus, pilihan tergantung dari anda.

Password, 
mengunci layar anda dengan menggunakan password PIN, Pola atau sidik jari. Disisi lain memang sedikit mengganggu pada saat unlocking terhadap ponsel anda, tapi itu adalah tindakan yang baik untuk menjaga keamanan ponsel anda.

Mengatur Device Manager Android, 
Ini dapat anda lakukan mengunci ponsel anda dari jarak jauh untuk melacak lokasi anda, dan menghapus semua data jika anda kehilangan perangkat. Caranya cukup mudah dan gampang karena anda tidak akan merasa terlalu mengkhawatirkan data anda apabila anda salah menaruh perangkat anda. Sebagai tambahan melakukan pengaktifan pengaturan lokasi berakibat baterai lebih cepat terkuras.

Periksa Izin aplikasi Anda, 
Pada Android Marshmallow anda dapat mensetting aplikasi apa saja yang dapat diakses dalam pengaturan perangkat anda. Sementara itu melakukan pembersihan terhadap aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi akan membebaskan ruang pada perangkat anda.


Enskrip data perangkat anda, 
Apabila ini memungkinkan anda dapat melakukan mengenskripsi data-data perangkat anda (file, gambar, video, aplikasi dan lain-lain). Untuk melakukannya anda dapat memeriksanya dalam pengaturan anda pada menu keamanan (security). Enskripsi perangkat anda mengharuskan anda menggunakan password atau sidik jari untuk membuka kunci perangkat anda.

Jangan berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal. 
Haa, ini dimaksudkan anda jangan mengklik link yang dikirimkan kepada anda baik melalui SMS atau email dari yang anda tidak ketahui. Ingin aman maka segeralah anda menghapusnya saja, walaupun di beberapa kasus link-link yang diberikan tidak berbahaya setidaknya hanya berjaga-jaga saja.
    Itu sekelumit yang anda dapat lakukan agar perangkat android anda dari ancaman-ancaman luar, sehingga anda tetap nyamana dalam melakukan aktifitas sehari-harinya.


    1 comment:

    1. Avoid adding high precision machining skinny walls into the design of your components for CNC machining. Using moderate and normal wall sizes will improve the strength and accuracy of your CNC process. At a minimum, certain that|be positive that} your plastic components have a wall thickness of {at least|a minimum of|no much less than} 1.5mm, whereas steel components have {at least|a minimum of|no much less than} zero.8mm. Thinner walls increase the vibrations generated throughout machining and lower your probabilities of part accuracy.

      ReplyDelete

    Powered by Blogger.