Header Ads

Cara Redirect 301 Domain Blogspot Lama ke Domain Blogspot Baru (Blogger)

Redirect 301 - Dulu saya pernah membahas topik ini yaitu “Custom Domain pada Blogspot Blogger“. Disana saya membahas terlebih bagaimana merubah / redirect alamat domain blogspot lama ke alamat seft domain yang baru, dan saya rasa pembahasannya sangatlah lengkap dan jelas.

Nah, kali ini yang saya bahas adalah bagaimana me-redirect URL atau permalink blogspot lama ke permalink blogspot baru. Sehingga jika pengunjung mengetikan alamat domain lama anda, apakah itu pada halaman utama ataupun halaman-halaman artikel maka secara otomatis akan mengarah ke alamat domain baru anda.

Cara Redirect 301 Domain Blogspot Lama ke Domain Blogspot Baru [Blogger]

Banyak alasan mengapa kita melakukan redirect domain ini, diantaranya ;
  1. Agar pengunjung tetap kita yang mungkin menyimpan alamat permalink tertentu tidak akan kehilangan apa yang mereka cari sewaktu mengunjungi kembali.
  2. Memiliki beberapa blog yang mana konten nya ingin digabungkan dalam satu domain.
  3. Agar URL blog kita tetap terindex di mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan sebagainya.
Dari tiga alasan diatas mungkin yang sangat dipertimbangkan adalah poin 3, betapa tidak sudah capek-capek membangun blog dan sudah terindex dari pencarian namun semuanya harus dimulai dari awal lagi, walaupun konten sudah siap (impor konten) ke domain baru. Belum lagi apabila telah menyimpan alamat permalink tertentu dan sewaktu-waktu mengunjungi kembali maka yang didapat hanya kembali menemukan halaman domain yang lama saja.

Apapun alasannya, cara dibawah ini mungkin saja dapat membantu anda dalam mengarahkan alamat domain lama ke domain baru. Teknik / pengalihan yang akan dilakukan adalah menggunakan pengalihan "301 redirect".

Apa itu 301 Redirect ?

301 redirect atau bisa disebut permanen redirect yang tujuannya digunakan untuk memberitahu bots mesin pencari bahwa halaman yang ada telah dipindahkan ke lokasi (halaman url) baru, sehingga semua tautan permalink lama akan merubah permalink baru, sehingga meminimalisir kerugian peringkat pada SERP (Search Engine Result Pages).

Baca juga : Cara Mengatasai Pesan Error HTTP 404 Not Found

Apa yang perlu dipersiapkan untuk melakukan 301 Redirect ?

Baiklah, apabila anda berniat untuk melakukan Redirect 301 Domain Blogspot Lama ke Domain Blogspot Baru ataupun hanya ingin coba-coba saja yang perlu anda lakukan adalah hanya mempersiapkan dua domain blogspot.

Berikutnya adalah melakukan backup/import konten dari blog lama yang nantinya di ekspor ke blog yang baru, dan caranya lakukan seperti dibawah ini :

Langkah #1 : Awal yang anda lakukan adalah login ke akun blogger anda, lalu pilih domain blogspot lama yang akan dialihkan setelahnya rujuk ke Setelan lalu pilih Lainnya.

Langkah #2 : Klik tombol "Cadangkan Konten" lalu ikuti intstruksi  berikutnya :

Cara Redirect 301 Domain Blogspot Lama ke Domain Blogspot Baru (Blogger)

Langkah #3 : Pilih domain blogspot yang baru untuk melakukan impor konten, sama seperti langkah #1 tetapi  tidak seperti pada langkah #2 klik "Cadangkan Konten" tetapi klik "Impor Konten".

Langkah #4 : Kembali pada dasbor domain blogspot lama, pilih Template lalu Edit HTML.  Lalu copykan kode script dibawah ini dibawah kode <head> :

<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'http://domainbaru.blogspot.com' + window.location.pathname;
</script>
Catatan! : Ubah alamat domainbaru.blogspot sesuai domain anda.

Klik Simpan template.

Selanjutnya kita eksekusi, apabila alamat link yang diketik :
http://domainlama.blogspot.com/
http://domainlama.blogspot.com/p/halaman.html
http://domainlama.blogspot.com/2016/04/cara-merubah-link-domain.html

maka akan secara otomatis akan me-redirect ke halaman seperti dibawah ini :
http://domainbaru.blogspot.com/
http://domainbaru.blogspot.com/p/halaman.html
http://domainbaru.blogspot.com/2016/04/cara-merubah-link-domain.html

Lalu bagaimana beberapa domain blogspot lama di redirect ke domain baru?

Baiklah, setelah saya bereksperimen yang perlu dilakukan hanyalah melakukan hal yang sama seperti langkah-langkah diatas, yaitu jika ada blog lain yang akan dialihkan juga ke domain baru yang sama maka setiap blog domain lama hanya memasukan kode script diatas kebawah kode <head>, selanjutnya lakukan impor konten ke blog domain baru maka proses redirect 301 bisa berjalan dengan baik.

Bagaimana? masih tidak percaya silahkan dicoba. Dan apabila masih mengalami masalah bisa kita diskusikan pada kotak komentar.


No comments

Powered by Blogger.