Header Ads

Install Wireless/Wifi pada Printer Epson L355 Tanpa CD

Instalasi Wireless Printer EPSON L355 Series - Berawal dari pekerjaan yang membutuhkan printer infus, dimana saya harus mencetak lebih dari 300 lembar piagam dengan menggunakan kertas foto glossy oleh teman kantor meminjamkan printer Epson L355 Wifi series.

Dengan menggunakan tinta infus, tentu saya tidak direpotkan lagi dalam hal isi ulang tintanya. Dalam prosesnya tak satupun kendala yang saya hadapi, hasil cetak yang sangat memuaskan walau untuk 1 lembar cetaknya membutuhkan 1 menitan. Namun yang kurang dari epson L355 Wifi ini tidak adanya opsi untuk mencetak full halaman, sehingga masih tersisa di empat sisi yang tidak tercetak. Ya, maklum saja ternyata memang printer jenis ini adalah printer diprioritaskan pencetakan dokumen saja.

Install Wireless/Wifi pada Printer Epson L355 Tanpa CD

Dukungan Printer Epson L355 Wi-Fi
Karena sudah mendukung cetak via wifi atau jaringan nirkabel, iseng-iseng saya ingin mencoba menginstallnya. Namun sayang ternyata CD Installernya tidak ada alias hilang. Dan parahnya lagi setelah googling ternyata disalah satu blog yang membahas tentang Instalasi Wireless Printer EPSON L355 Series, bahwa untuk mensetting wifi harus menggunakan CD Installer dan tidak bisa melalui panel atau tanpa CD drivernya terlebih lagi hanya menggunakan driver printernya saja.

Adakah cara lain Install Wireless/Wifi pada Printer Epson L355 Tanpa CD ?
Setelah bolak-balik googling saya menemukan cara Install Wireless/Wifi pada Printer Epson L355 Tanpa CD dengan menggunakan file Installer Epson L355 hasil download dari website resmi epson zona latin.

Penasaran bukan, tanpa berlama-lama berikut langkah-langkah Install Wireless/Wifi pada Printer Epson L355 Tanpa CD sampai sukses. Sebelum proses install yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Pastikan Laptop/Komputer sudah terkoneksi ke router via wireless (bukan via LAN).
  2. Dalam percobaan ini, wifi pada router tidak terpasang password.
  3. Jika anda pernah/masih gagal dari proses instalasi wifi printer epson L355 dan meninggalkan driver/produk epson, hapus/uninstall dulu semuanya sehingga nantinya dikhawatirkan terjadi error pada saat proses install. Untuk meng-Uninstallnya di rekomendasikan menggunakan aplikasi Revo Uninstall Pro 3 Portable karena hasil yang maksimal.
Ok, jika sudah kita lanjut, mari ikuti panduannya berikut ini :

Pertama-tama, unduh dan eksekusi file driver wifi epson L355 manual 
(link unduh file install wifi epson l355 ada pada akhir artikel)

Klik kanan pada file driver wifi epson L355, lalu pilih "Run as administrator".


Tampilan berikutnya pilihan bahasa seperti dibawah ini, klik Next


Lanjut dengan Accept ...


Ceklist pada "Epson drivers and utilites" dan juga ceklist "Allow Windows Firewall to unblock EPSON utilites", lanjut klik Install..


Proses install, tunggu sejenak ... colokan kabel printer ke port USB laptop/komputer.


Jika sudah, maka muncul tampilan seperti dibawah ini, klik Next..


Selanjutnya, buka lock printing position ke arah vertikal. (lihat gambar). dan klik Next...


Tampilan berikutnya adalah opsi pilihan koneksi, ceklist opsi "Wireless connection".. dan Next..


Dilanjutkan dengan memilih opsi "Set up printer for the first time".. lalu Next...


Pilihan metode Wireless network pada gambar dibawah ini adalah "Using temporary USB cable connection" lalu Next lagi. Untuk mengetahui cara menggunakan tombol WPS, silahkan baca artikelnya dibawah ini :



Lanjut.. pesan dibawah ini  berarti :
  • Anda diwajibkan mengetahui password dari router sebelum melanjutkan, dalam kasus ini password router saya disable. 
  • Sebelum melanjutkan, hidupkan wifi pada printer, caranya tekan tombol wifi selama 3 detik sampai lampu indikator berkedip-kedip pelan, lalu silahkan klik Next...


Gambar dibawah ini menunjukkan sambungan antara Laptop/Komputer ke printer terdeteksi, yang diwakilkan icon contreng warna hijau. tunggu....


Karena router tidak berpassword, proses langsung mencoba melakukan koneksi ke printer dan proses awal install network dimulai, silahkan klik Next...


Lihat gambar dibawah ini, opsi "Allow access (Windows firewall only)" harus terpilih, klik Next...


Proses pencarian printer terhadap wifi ...


Pencarian EpsonNet  menemukan wifi network (SSID) dengan informasi Wi-fi network (SSID) : Hanyalah, klik Yes lalu Next.


Mac Address dari printer Epson L355 Series ditemukan, dan router langsung melakukan setting printer ....


Konfirmasi bahwa printer siap terkoneksi ke jaringan nirkabel anda ... tunggu ...


Anda masih diminta menunggu ...


Yup, proses berhasil, silahkan lepas kabel printer yang terhubung ke port USB laptop/komputer.. dan coba klik tombol "test print". masukan kertas dan semestinya printer melakukan proses cetak. Jika sudah klik Finish


Dan, Exit...



Dibawah ini, nama printer, mac address dan alamat IP Address printer yang tertera pada router wireless.


Tampilan pada devices and printers..



Status Monitor "It is ready to print"..


Selamat!
Anda sudah bisa mencetak via wifi dengan nyaman. Sebagai tambahan tutorial ini saya lakukan adalah Install Wireless/Wifi Printer Epson L355 Tanpa CD pada operasi sistem Windows 8.1 64bit Pro.

DUKUNGAN FILE :
Download file driver wifi epson L355 manual  via web >>  epson | mirror

Bagi yang masih bingung ataupun masih mengalami masalah, silahkan diskusikan melalui form komentar dibawah, dan bagi yang berhasil kiranya tidak keberatan untuk menshare artikel ini.


Lalu bagaimana cara install dan setting WiFi Printer Epson L365 bila tidak ada CD drivernya? Anda bisa melakukan hal yang sama seperti cara diatas dengan sebelumnya mendownload driver (All Driver Full Installer+Included Wifi) melalui artikel dengan judul : Driver Printer Epson L365 Wifi Series

KESIMPULAN :
Dengan menggunakan konektivitas Wi-Fi memungkinkan Printer Epson L355 untuk dibagi di antara beberapa pengguna di rumah atau di kantor tanpa harus colok lepas kabel printer dan tentunya menghemat tempat.


Dengan anggapan untuk bisa mensetting/install Wifi printer epson L355 hanya dengan CD Installer ternyata dengan aplikasi diatas bisa berhasil dengan sempurna, terlepas apakah file tersebut diatas adalah file dari CD Installer. Dan semuanya ini hanyalah tutorial install wifi epson l355 saja.


No comments

Powered by Blogger.