Header Ads

10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Anda Dengan Mudah

Apakah koneksi internet Anda tampak agak lamban? Jika demikian, maka akibatnya adalah waktu membuka halaman web terasa lebih lama, kecepatan download Anda tidak cocok dengan kecepatan yang Anda harapakan. Ada banyak faktor yang terlibat ketika koneksi internet Anda melambat. Untungnya ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk mencoba untuk meningkatkan kinerja dari koneksi internet Anda, dan Anda bisa melakukan perbaikan hanya dalam beberapa saat saja.

Lalu apa saja yang diperlukan ?
Tentunya, anda haruslah memerlukan Sebuah laptop/komputer yang terhubung ke internet.


Perlu dicatat, admin tidak dapat memberikan tips ajaib, baik melalui perangkat lunak atau perangkat keras untuk membuat koneksi internet anda lebih cepat, tapi admin dapat memberikan beberapa tips yang dapat membantu mempercepat koneksi internet.

Berikutnya ini cari tahu bagaimana memecahkan masalah, memperbaiki terhadap koneksi anda yang lambat.

1. Periksa Hardware, Jaringan dan Koneksi Anda.
Sebelum Anda memeriksa hardware, jaringan untuk koneksi pada pengaturan komputer Anda, ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu melihat kecepatan jenis apa yang Anda dapatkan lalu bandingkan dengan kecepatan yang diiklankan pada layanan Anda. Ada berbagai situs "Speed test" di internet. Anda dapat menggunakan layanan mengetest kecepatan internet anda di Speedtest.net. Pada saat membuka web site Speedtest.net anda langsung dihadapkan dimana anda melihat ISP internet anda berikut IP addressnya. Untuk memulainya anda hanya mengklik tombol "Begin Test".

Kadang-kadang, internet lambat karena kita hanya membayar untuk internet lambat.
2. Reset / Atur ulang modem Anda.
Restart modem dan router dapat membantu meringankan beberapa masalah jaringan dengan membersihkan data lama dan re-konfigurasi Penyediaan modem Anda dari penyedia layanan internet Anda. Jika perlu, modem Anda secara otomatis akan mendownload update firmware dari ISP.


Seperti halnya dengan kebanyakan komputer, me reboot router secara berkala dapat "membersihkan" dan membuatnya berjalan lebih efisien.

3.  Periksa semua perangkat pada jaringan Anda.
Jika orang lain pada jaringan Anda men-download terlalu banyak dari internet, seperti download file besar atau menonton video streaming, itu adalah proses melambatnya internet secara signifikan terhadap bandwidth Anda. Jika Anda akrab dengan antarmuka web router Anda, Anda mungkin dapat menggunakan fasilitas pengaturan QoS (Quality of Service) pada router anda untuk memprioritaskan lalu lintas dari IP atau layanan tertentu dan membatasi penggunaan internet untuk orang lain.

image : wikihow

image : howtogeek

4. Relokasi router nirkabel atau komputer.
Jika Anda terhubung ke internet melalui router Wi-Fi, miskin sinyal dapat menyebabkan kecepatan yang lebih rendah dan menjatuhkan koneksi. Pindahkan router Anda lebih dekat ke komputer Anda jika memungkinkan, atau memindahkan komputer sehingga lebih dekat ke router atau menyimpan router di atas lemari untuk mengirimkan sinyal yang lebih baik.
Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Kinerja Ponsel Android yang Lambat
  • Membersihkan debu dari router dan modem sesekali menggunakan angin terkompresi atau tissu halus. Ini akan membantu menjaga unit dari overheating yang diakibatkannya, serta meningkatkan stabilitas.
  • Menjaga ventilasi sekitar semua komponen listrik untuk menghindari overheating.


5. Gunakan dan ganti browser 
Browser dapat memakan banyak sistem sumber daya. Namun, beberapa browser melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam hal menangani sumber daya ini. Jadi, jangan saja menggunakan browser dari Microsoft saja secara default, untuk itu cobalah :


Firefox - Meskipun Firefox cukup berat pada sumber daya, namun browser memiliki berbagai pilihan add-ons yang dapat memblokir JavaScript, iklan, Flash serta elemen lainnya yang dapat menguras kecepatan internet Anda.

Google Chrome - Sering dianggap sebagai browser tercepat saat ini tersedia, Chrome melakukan perubahan-perubahan yang fantastis berupa loading situs yang paling cepat dari kompetisi. Anda juga dapat menggunakan add-on adblock untuk memblokir JavaScript, iklan, sehingga dapat membantu mengurangi kebocoran bandwidth dikarenakan iklan-iklan dan sebagainya.

Opera - Browser Opera sering dilupakan, padahala aplikasi dengan menggunakan fitur Mode Turbo dapat membantu mempercepat koneksi yang lambat. Kadang-kadang fungsi Turbo bekerja hebat, yang belum pernah menggunakan browser ini, setidaknya anda perlu mencoba.

Citrio - Browser ini mungkin baru anda dengar, nah jika anda yang gemar dengan download mendownload yang mana anda tidak memiliki aplikasi download manager pada komputer anda, maka browser ini pun layak anda coba. Dari beberapa kasus browser ini mampu 6 kali lebih cepat proses download dibandingkan dengan browser Google Crome sekalipun. Silahkan baca artikel pada link ini untuk mengetahuinya. Ingin mencoba ? klik tautan ini.

6. Nonaktifkan Aplikasi Broadband 
Tanpa disadari bahwa banyak aplikasi broadband yang terinstall pada komputer kita seperti aplikasi torrent, Skype, widget desktop dan lain-lainnya yang biasanya akan secara otomatis terupade atau memperbaharui perangkat lunak.

Ya, sebenarnya baik untuk Anda, tapi perlu diketahui ada satu masalah kecil. Semua aplikasi tersebut tentu membawa beban di latar belakang saat Anda menggunakan komputer sehingga berdampak terhadap koneksi internet Anda.

7. Nonaktifkan Jaringan Throttling
Jaringan throttling digunakan dalam beberapa versi Windows (termasuk Vista dan Windows 7) yaitu bertujuan memberikan prioritas untuk aplikasi multimedia, tetapi dapat memiliki efek buruk pada tugas-tugas lain, seperti mentransfer file besar.

Untuk menonaktifkan Jaringan Throttling dengan bantuan Registry :
  1. Buka ke Registry
  2. Navigasi ke :
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Multimedia\SystemProfile
  3. Cari entri bernama NetworkThrottlingIndex
  4. Untuk mematikan fitur ini sepenuhnya, ubah nilai ke FFFFFFFF (hexadecimal).
Peringatan!
Bahwa mengedit registri dapat berisiko jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, sehingga perlu menerapkan sistem restore point sebelum Anda mencobanya.

8. Menggabungkan Wired dan Wireless
Kebanyakan orang lebih memilih men setup nirkabel untuk jaringan internetnya. Lebih mudah untuk menginstal, dan lebih fleksibel dalam hal menambahkan perangkat anda untuk terkoneksi kejaringan. Tapi jaringan nirkabel tidak selalu lebih baik untuk kinerja, dan dalam beberapa kasus, Anda akan mendapatkan perbedaan yang nyata dengan beralih menggunakan jaringan kabel (wired). Semua wireless router sekarang sudah dilengkapi beberapa port ethernet, sehingga menghubungkan perangkat melalui kabel sangat mudah.

9. Scan virus
Jangan lupakan yang satu ini, karena hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa tidak ada virus pada komputer yang menyebabkan jaringan Anda melambat. Kadang-kadang virus dapat hidup pada komputer Anda dan menyedot sumber daya memori komputer anda. Sehingga berdampak terhadap kecepatan koneksi internet anda.

10. Update firmware dan software secara teratur.
Router / Modem sebenarnya memiliki software tersendiri, oleh karenanya Anda perlu untuk memperbarui secara teratur. Anda dapat login ke modem Anda dengan mengikuti petunjuk merek router/modem Anda. Misalnya, untuk modem HUAWEI Anda dapat merujuk link www.3gmodem.com.hk/Huawei.html di mana Anda dapat memperbarui dan mungkin dapat mengubah pengaturan perangkat router/modem Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan memperbarui versi desktop komputer Anda, sistem operasi, dll karena biasanya pengaturan nirkabel menjadi kurang kompatibel dari waktu ke waktu.
______

KESIMPULAN :
Ada cukup banyak yang bisa kita lakukan untuk membantu mempertahankan dan mempercepat akses ke internet. Terlepas dari apakah solusinya dari internal atau eksternal, setidaknya ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memecahkan masalah, dan semuanya berjalan dengan lancar sedia kala. Dan semoga, dengan mempercepat koneksi internet akan mempercepat download pada browser anda semisal di google chrome.

 Artikel ini HanyaLah bagian kecil yang dapat anda lakukan bagaimana mengatasi permasalahan koneksi internet yang lambat, dan jika anda mengetahui cara-cara lain yang kira dapat memecahkan masalah ini, tidak salahnya dapat meluangkan waktunya untuk berbagi di form komentar.

REFERENSI :
Dari berbagai sumber


No comments

Powered by Blogger.