Header Ads

Apa itu TF Card? Apa Perbedaan Antara TF Card, SD Card & Micro SD Card?

Mengenal lebih dalam TF Card dan SD Card - Kartu memori atau flash drive umumnya digunakan untuk keperluan penyimpanan. Ini juga bisa disebut sebagai perangkat penyimpanan elektronik yang menyimpan informasi digital di dalamnya. Perangkat ini digunakan dalam berbagai jenis gadget elektronik portabel seperti laptop, tablet, komputer, MP3 player, PDA, konsol video game, keyboard elektronik, synthesizer, ponsel dan kamera digital.

Berbicara tentang kartu memori anda mungkin mendengar dan menemukan TF Card atau microSD Card dan juga SD Card sehingga sering merasa bingung dengan jenis-jenis kartu ini apakah kedua kartu ini identik atau berbeda.

Perbedaan Antara TF Card, SD Card & Micro SD Card?

Jadi..
Pada artikel kali ini mari kita cari tahu tentang apa itu TF Card? lalu apa perbedaan antara TF Card, SD Card & Micro SD Card?;

Apa itu TF Card/MicroSD Card?
TF Card adalah singkatan dari TransFlash card yaitu sebuah perangkat penyimpanan memori menggunakan format kartu memory flash. Selain itu pula TF Card alias MicroSD Card adalah salah satu kartu memori menggunakan chipset pertama yang dirancang untuk teknologi smartphone.

Dibawah ini beberapa contoh dari TF Card alias MicroSD Card.

Contoh TF Memory MicroSD Card

Sementara itu ada beberapa hal penting yang mungkin perlu diketahui tentang kartu memori TF (TF Card) pada saat awal dibuat:
  • Pada tahun 2004 SanDisk pertama kali yang memberi nama Kartu Memori ini sebagai TF Card.
  • Ukurannya hampir sama dengan ketebalan kuku jari.
  • Kartu memori ini dirancang khusus untuk Ponsel.
  • TF Card biasanya juga dikenal sebagai kartu T-Flash.

Apa itu SD Card?
SD Card adalah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari kartu memori Secure Digital atau SD. Kartu memori biasanya ditemukan di perangkat elektronik portabel, seperti kamera digital, telepon dan tablet.

Dan dibawah ini beberapa contoh dari SD Card.

Contoh dari SD Card

Perbedaan Antara TF Card, MicroSD Card dengan SD Card.
Mengetahui perbedaan TF Card dan SD Card - Secara teknis TF Card dan SD Card adalah sama namun ada beberapa perbedaannya antara lain:
  • TF Card dikembangkan oleh dua perusahaan besar yaitu Motorola dan Sandisk di tahun 2004 sementara itu SD Card diperkenalkan oleh Panasonic, Toshiba, dan juga Sandisk.
  • TF Card dirancang memiliki chipset terkecil yang kemudian diganti dengan nama lain microSD memory card (jadi bisa dikatakan TF Card tidak lain adalah microSD Card).
  • Untuk ukuran, SD Card berukuran: 24mm x 32mm x 2.1mm sementara itu TF Card berukuran: 15mm x 11mm x 1mm.
  • TF Card alias MicroSD Card memiliki kapasitas memori 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, 2GB, 4BG, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB hingga 256GB sementara itu SD Card 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB
  • Ruang penyimpanan dari kedua kartu memori ini mendukung terhadap penyimpanan untuk segala macam file data seperti musik, video, gambar, pdf dan banyak lagi ekstensi yang didukungnya. Namun ada perbedaan dengan kompatibilitas diantaranya: microSD mendukung operasi non-memori seperti, Bluetooth, GPS, NFC (Near Field Communication) sementara itu untuk SD Card tidak dapat melakukan operasi Non-memori seperti yang disebutkan diatas.
  • SD Card memiliki perlindungan saklar tulis (switch write) artinya bila difungsikan maka seseorang dapat mengunci kartu memori ke mode yang tidak dapat ditulis. Ini memungkinkan data pemilik tidak dapat diedit atau tidak dapat menambahkan data atau informasi baru ke dalam memori. Sementara itu MicroSD Card tidak memiliki sistem proteksi penguncian.
  • Penggunaan utama dari MicroSD Card terdapat pada ponsel terutama di smartphone/android/iphone, sementara itu SD Card lebih banyak digunakan untuk Kamera Digital, Pemutar Media, PDA (Personal Digital Assistant) dan sebagainya.

Demikian, semoga bermanfaat!


No comments

Powered by Blogger.