Header Ads

Mudahnya Backup dan Restore Aktivasi Product Key Microsoft Office 2016

Backup dan Restore Product Key Microsoft Office 2016 - Setelah menginstal Microsoft Office 2016 dan mengaktifkannya, Anda mungkin ingin membuat cadangan aktivasi atau kunci produk dengan tujuan bila Anda akan menginstal kembali/ulang Microsoft Office 2016 di masa mendatang. Nah, pada posting ini saya akan menunjukkan bagaimana cara backup dan restore aktivasi dan Product Key Microsoft Office 2016.

Membuat cadangan untuk kunci produk ini sangat diperlukan jika terjadi kerugian. Maka, bila Anda memiliki cadangan, Anda tidak perlu meluangkan waktu atau uang untuk mencari atau membeli kembali kunci produk saat Anda memerlukan untuk menggunakan key pada saat menginstal ulang atau mengaktifkan Office 2016 kembali. Kunci produk biasanya berisi 25 digit, yang membuat sulit untuk mengingat dan menuliskannya secara manual. Makanya, untuk membackup kunci produk dan aktivasinya Office 2016 dengan mudah, Anda bisa menggunakan tool khusus.

Mudahnya Backup dan Restore Product Key Microsoft Office 2016

Cara Backup dan Restore Aktivasi Product Key Microsoft Office 2016

Setelah Anda berhasil mengaktifkan Office 2016, info aktivasi disimpan di disk lokal Anda. Namun, sistem restallation atau beberapa tindakan lainnya akan menghapus aktivasi info. Oleh karena itu, Anda dapat membuat cadangan aktivasi terlebih dahulu sehingga Anda dapat mengembalikannya kembali setelah menginstal ulang Office 2016, yang dapat menghemat reaktivasi ulang.

Cara yang saya lakukan pada tutorial ini adalah dengan tanpa menggunakan tool khusus, namun hanya menggunakan perintah command prompt saja, maka Office 2016 bisa teraktivasi kembali seperti semula.

Sebelum anda melakukan cara yang akan saya jabarkan dibawah ini, maka hal-hal yang perlu diperhatikan/wajib dipenuhi adalah:
  • File aktivasi hanya bisa dikembalikan pada komputer yang sama.
  • Sistem Windows yang terpasang di komputer seharusnya sudah diaktifkan.

Baiklah kita mulai dengan melakukan backup Aktivasi Produk Key 2016.

Untuk melakukan backup aktivasi produk key Office 2016 pada Windows 10/8, masuk saja ke C:\Windows\System32\spp, lalu copy dan paste folder store ke tempat yang aman.


Ya, cukup itu. Maka aktivasi produks key Office 2016 anda sudah terbackup.

Selanjutnya... kita akan melakukan restore aktivasi product key office 2016.
Dibawah ini adalah panduan bagaimana melakukannya, dimana saya telah melakukan uninstall Office 2016 lalu me-restart PC lalu melakukan install ulang kembali.

Hal pertama yang perlu anda lakukan, sebelum restore aktivasi product key office, pastikan tutup semua aplikasi dokumen Office 2016 (Word, Excel, Publisher dll) yang terbuka.

Proses selunjutnya bisa kita mulai, silahkan buka Command Prompt (Admin) dan ketik perintah : net stop sppsvc lalu enter untuk mematikan service Software Protection Platform.

Mudahnya Backup dan Restore Product Key Microsoft Office 2016

Artikel terkait: Cara Mencari Produk Key Windows Bagi Pemula

Selanjutnya copy dan paste folder store yang telah kita backup pada proses sebelumnya, ke : C:\Windows\System32\spp. Silahkan replace saja bila diminta.

Mudahnya Backup dan Restore Product Key Microsoft Office 2016

Selanjutnya, aktifkan kembali service Software Protection Platform dengan perintah : net start sppsvc pada Command Prompt.

Mudahnya Backup dan Restore Product Key Microsoft Office 2016

Artikel Terkait: Perlukah Membackup Key Aktivasi Windows 10?

Terakhir, silahkan cek kembali status aktivasi Office 2016, dengan perintah : cscript ospp.vbs /dstatus. Dan terlihat pada gambar dibawah bahwa Office 2016 telah teraktivasi kembali secara otomatis.

Mudahnya Backup dan Restore Product Key Microsoft Office 2016

CATATAN:
Aktivasi yang saya lakukan diatas adalah Microsoft Office 2016 versi Volume Lisence pada Windows 10 version 1703 (OS Build 15063.138)

REFERENSI:
http://www.isumsoft.com/office/backup-restore-office-2016-activation.html


No comments

Powered by Blogger.