Header Ads

Bixby: Asisten Virtual Baru Buatan dari Samsung

Setelah Siri dari Apple, Cortana oleh Windows dan Amazon untuk Alexa-nya kini saingan baru datang dari Samsung yang membuat Asistant Virtual baru yang diberi nama Bixby yang kabarnya lebih pintar dari teknologi serupa.

Sebenarnya kabar tentang bixby ini telah beredar lama di dunia maya, namun bisa dipastikan bixby ini akan memulai debutnya di perangkat Samsung Galaxy S8. Dimana pihak Samsung telah resmi mengumumkan kecerdasan buatan ditenagai asisten virtual tersebut.

Asistant Virtual Samsung Galaxy 8

Kelebihan Fitur Asisten Virtual Bixby Samsung
Bixby akan sangat berbeda dengan asisten virtual lainnya, dimana sangat terintegrasi dengan aplikasi yang mendukungnya, sehingga bisa melakukan fungsi hanya dengan perintah suara yang dilakukan dengan hanya menekan tampilan pada layar. Menurut Samsung, perbedaan Bixby terletak di tiga hal :

1. Completeness.
Bixby diklaim mampu mengambil alih kendali atas aplikasi sehingga memungkinkan Bixby melakukan tugas yang lebih rumit, tidak seperti asisten virtual lain yang terbatas pada tugas-tugas ringan.

2. Context Awareness
Bixby disebut mempunyai pemahaman konteks yang memungkinkan pengguna mengaktifkan Bixbi di dalam aplikasi tertentu dan memahami konteks perintah. Sayang, Samsung tak menjelaskan secara rinci bagaimana kemampuan ini bekerja. Dari apa yang saya tangkap, fungsi ini sepertinya merupakan pengembangan dari Google Now on Tap.

3. Cognitive Tolerance
Bixby diklaim mampu memahami perintah pengguna dengan lebih baik yang disebut dengan toleransi kognitif, yaitu menangkap perintah yang kurang lengkap dan mengeksekusi tugas berdasarkan informasi yang tersedia. Pada dasarnya, kemampuan ini membuat Bixby meniru interaksi bahasa alami dan hanya meminta informasi tambahan yang dianggap penting.

Sementara ini dikabarakan dari perusahaan dari Negeri Gingseng ini bahwa mereka akan menawarkan Software Develompment Kit (SDK) kepada pengembang yang berkeinginan untuk membawa kekuatan bixby ke dalam aplikasi mereka sendiri.

Kedepan, Samsung juga mengatakan pihaknya berencana untuk memperluas Bixby ke semua perangkat yang terhubung, dari mesin cuci cerdas untuk terhubung TV, bermain terhadap Alexa, yang sudah bermunculan di berbagai perangkat yang terhubung seperti Vacuums robot dan bahkan mobil Ford.

Nah, untuk itu kita tunggu saja peluncuran Samsung Galaxy S8 pada tanggal 29 Maret 2017 mendatang.


No comments

Powered by Blogger.