Header Ads

Ternyata ini Fenomena di Balik Kode @[4:0], Mau Tahu?

Pernahkah anda membaca postingan pengguna facebook baik itu di halaman status pribadi maunpun digrup-grup yang menyatakan bahwa dengan mengetikan kode @[4:0] bila tertulis "Mark Zuckerberg” maka akun anda aman, namun bila yang muncul nama lain berarti akun Anda perlu di-setting ulang, alias kurang aman.

Contohnya seperti dibawah ini :
"Tuliskan @[4:0] di kolom komentar. Kalau muncul nama Mark Zuckerberg, berarti akun anda aman. Namun bila muncul nama lain, berarti kamu mesti memeriksa keamanan akun kamu."


Pertanyaan, benarkah demikian?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pahami terlebih dahulu kode tersebut.

Tahukah anda, sebenarnya "@" dalam aplikasi Facebook berfungsi untuk memanggil atau me-mention teman. Jadi ketika anda mengetikkan @[4:0] di kolom komentar, sebenarnya itu adalah perintah untuk mencolek/me-mention (karena diawali dengan “@”) User ID Facebook nomor empat, yang otomatis akan muncul nama Mark Zuckerberg.  Dan ID dari Mark Zukerberg adalah 4.

Sebagai pembuktian silahkan klik tautan dibawah ini :
https://www.facebook.com/4
dan lihat hasilnya dijamin layar yang akan muncul adalah akun Facebook Mark Zuckerberg https://www.facebook.com/zuck.

Lalu bagaiman dengan akun kita masing-masing apakah memiliki ID juga? sudah barang tentu setiap pengguna akun facebook memiliki ID juga. Nah, untuk mengetahui cukup mudah. Simak bagaimana cara mengetahui ID akun facebook dibawah ini :

Sebagai contoh saya akan mengetahui id facebook dari akun saya : rudiadadisini.
  • Login ke akun Facebook Anda.
  • Klik kanan pada halaman Facebook untuk memunculkan menu dan pilih [View Page Source] atau [Lihat sumber laman]  anda akan membuka layar “view Source”
  • Tekan [Ctrl]+[F] untuk membuka layar pencarian (find) dan ketikkan “original_user_id” (dalam contoh ini saya ketikan: rudiadadisini) lalu tekan [Enter].
  • Dan lihat ID facebook saya di ketemukan yaitu : 100002877493503
  • Lalu kita buktikan dengan mengetikan di kolom komentar dengan kode : @[100002877493503:0]

KESIMPULAN:
Jadi Pernyataan status diatas jelas berita Hoax alias tidak benar, namun bila kita ambil dari sisi positifnya adalah kita diingatkan untuk selalu memeriksa keamanan akun facebook kita masing-masing. Baca: Tips Aman Menggunakan Facebook bagi Pemula.

Dan terakhir, dengan artikel ini semoga akun facebook anda tetap aman.


No comments

Powered by Blogger.