Header Ads

Apa itu Dumpstate/Logcat, Apa Fungsi dan Kegunaannya ?

Dumpstate/Logcat adalah tool yang memungkinkan akan perangkat dalam mengakses suatu messages (pesan) log debug dari aplikasi atau layanan yang berjalan pada perangkat Android. Ya,... tool ini berjalan pada perangkat Android.

Log bisa berukuran besar tetapi tetap terbatas pada ukuran maximalnya. Setelah pesan log pada batas tertentu, maka log tersebut akan dipangkas untuk menjaga agar log tidak bertambah terlalu besar. Tergantung pada versi Android dalam menjalankan log ini, terkadang hanya disimpan di memori dan waktu lain yang disimpan pada disk external.

Cara mengaktifkan Dumpstate/Logcat

Jika Anda memiliki Android Debug Bridge yang telah terinstal (atau akses shell pada perangkat Anda), Anda dapat memaksa log dengan perintah "adb logcat -c". Tapi itu hanya akan menghapus pesan log yang ada dan pesan baru setelah saat Anda menjalankan perintah yang akan tersedia dalam log.

Namun bagi anda pengguna ponsel pintar Samsung Android, anda dapat menghapus log pesan dengan kode rahasia caranya dial *#9900# dan memilih Delete dumpstate / logcat.

Apa itu Dumpstate/Logcat dan Apa Fungsinya ?

Cara menghapus dumpstate / logcat ini juga merupakan salah satu solusi dalam mengatasi kesalahan tidak cukup ruang pada perangkat Android disaat kita melakukan download aplikasi/game melalui google playstore.

Jangan kuatir,.. dengan melakukan cara diatas anda tidak perlu khawatir untuk kehilangan data. File logcat hanya berukuran beberapa MB saja, dan kita dapat mengubah ukuran dalam pengaturan pengembang (developer settings).

Artikel menarik : Cara Mengetahui HP Terkena Hack dan Cara Mengatasinya

Ada banyak masalah keamanan yang berkaitan dengan logcat dan mode pengembang pada handset Android. Jika telepon ditempatkan pada posisi "mode pengembang" maka semua pesan log dapat diakses melalui USB atau melalui jaringan.

Untuk referensi lebih teknis silahkan kunjungi kode sumber untuk Android Debug Bridge yang akan menyediakan akses ke log pada di sini: adb - Platform / sistem / core - Git di Google

referensi :
https://www.quora.com/What-is-logcat-What-happens-if-I-delete-it
http://android.stackexchange.com/questions/48279/what-are-these-dumpstate-logs


No comments

Powered by Blogger.