Header Ads

Ganti Keyboard Laptop dengan Keyboard PC

Cara ganti keyboard laptop - Gunakan keyboard Komputer untuk Laptop, itulah bahasan artikel kali ini. Bermula dari jenuhnya mata dikarenakan dekatnya pandangan dengan layar laptop sembari mengetik pada keyboard laptop, jadi kepikiran untuk menggunakan keyboard eksternal murah yang digunakan pada laptop.

Pertanyaannya, Apakah laptop bisa menggunakan keyboard external? Jawabnya "Bisa.." karena untuk menggunakan keyboard eksternal tidak mesti harus keyboard eksternal khusus laptop, tapi keyboard komputer apa saja bisa digunakan. Namun demikian sebelum menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan agar bisa berfungsi nantinya.

Cara memasang/memakai keyboard eksternal ke laptop

Kita ketahui bersama, keyboard untuk PC biasanya colokkannya menggunakan port USB dan ada juga port PS/2. Bila port yang digunakan adalah port USB maka pemasangannya  cukup tancapkan ke port USB pada laptop dan tunggu sesaat untuk proses instalasi otomatis berikutnya keyboard siap digunakan. Jadi sifatnya adalah PnP (Plug n Play) yang artinya tancap dan langsung bisa digunakan.

Bila port yang digunakan adalah port serial, maka anda harus menggunakan kabel konverter tambahan "port USB to PS/2".

Artikel Terkait: Cara Cepat Menampilkan On-Screen Keyboard pada Windows 10

Dibawah ini dua jenis kabel converter USB to PS/2 yang banyak dijual dipasaran. Bila kita lihat ada yang menggunakan kabel ujung port adalah USB dan ujung yang lain port PS/2 untuk keyboard dan mouse (multi converter), sementara yang satunya tanpa kabel tapi converter mini dan cukup simple. Jadi sesuaikan kebutuhan anda mana yang ingin digunakan.

Kabel Converter USB to PS/2

Cara Menghubungkan Keyboard Komputer ke Laptop
Berikut penampakan keyboard komputer port PS/2 yang saya gunakan untuk dipakai pada laptop.



Demikian, artikel ini. Singkat semoga memberi manfaat. :)


No comments

Powered by Blogger.