Header Ads

Ayo Maksimalkan Layanan Google Scholar

Apa itu Google Scholar ?

Google Scholar adalah salah satu layanan alternatif bagi pengguna untuk melakukan pencarian materi maupun referensi pendidikan dan penelitian ilmiah dalam bentuk atau berupa teks dalam berbagai format publikasi. Layanan yang bila dialih bahasa kan berarti "Google Cendekia" ini sebenarnya sudah dari tahun 2004 bisa digunakan untuk umum. Indeks dari Google Scholar  ini meliputi dari publikasi untuk ilmiah jurnal-jurnal online.

Dengan layanan Google Cendekia ini pun menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas dan bebas. Dari satu tempat, Anda dapat mencari di banyak disiplin ilmu dan sumber baik itu artikel, tesis, buku, abstrak, dan opini pengadilan dari berbagai penerbit akademis, komunitas profesional, repositori online, universitas dan situs web lainnya.

Fitur Google Scholar :

  • Cari semua literatur ilmiah dari satu tempat yang nyaman
  • Jelajahi terkait karya, kutipan, penulis, dan publikasi
  • Temukan dokumen lengkap melalui perpustakaan atau di web
  • Ikuti perkembangan terbaru dalam area penelitian
  • Lihat siapa yang mengutip publikasi Anda, membuat profil penulis publik

Karena berbagai sumber yang menggunakan Google Scholar, tidak setiap hasil yang Anda lihat adalah suatu proses pemeriksaan atau penelitian suatu karya atau ide pengarang ilmiah oleh pakar lain di bidang tersebut (peer review). Hasil dapat mencakup jenis lain dari publikasi ilmiah seperti buku, disertasi, makalah konferensi, versi yang tidak dipublikasikan dari artikel, dan jenis lain dari sumber. Sementara barang-barang ini semua dapat berguna, penting untuk mengevaluasi dari sumber kredibilitas.

Lalu bagaimana cara menggunakan Google Scholar ?
Sama seperti pencarian google umumnya dengan mengetikan kata kunci pencarian di alamat link address pada https://scholar.google.co.id/
Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :

Ayo Maksimalkan Layanan Google Scholar

Harapannya adalah dengan Google Scholar bisa membantu Anda menemukan pekerjaan yang relevan di seluruh dunia penelitian ilmiah.


No comments

Powered by Blogger.